Vassily Ivanchuk Kalahkan Anish Giri di Piala Dunia 2017

 Catur
Vassily Ivanchuk
Vassily Ivanchuk

Adahati.com –  Vassily Ivanchuk (48) pecatur gaek asal Ukraina ini kembali menyingkirkan pecatur papan atas di Piala Dunia 2017 yang berlangsung di Tbilisi, Georgia.

Sebelumnya ia sukses menundukkan pecatur Rusia Vladimir Kramnik (2802) di babak ketiga, dan hari ini pecatur papan atas yang menjadi korbannya adalah Anish Giri (2777).

Vassily Ivanchuk (2727) mengalahkan kedua pecatur papan atas tadi dengan skor yang sama, yaitu 1,5 – 0,5 dalam pertandingan catur standar.

Lucunya, ketika menghadapi lawan yang memiliki Elo Rating yang lebih tinggi, ia mampu menyingkirkan lawannya tanpa melakukan pertandingan catur cepat dan catur kilat, atau lawannya tersebut – Kramnik dan Giri – dikalahkannya dalam pertandingan catur standar.

Pada babak pertama saat menghadapi pecatur yang Elo ratingnya lebih rendah, yaitu Murtas Kashgaleyev (2570) dikalahkannya di pertandingan catur cepat setelah bermain imbang 1-1 di pertandingan catur standar. Begitupun di babak kedua saat menghadapi Jan-Krzysztov (2698), bahkan pecatur Polandia ini baru bisa disingkirkannya lewat pertandingan catur kilat setelah imbang di pertandingan catur standar dan catur cepat.

Setelah menyingkirkan Vladimir Kramnik di babak ketiga Piala Dunia 2017, Vassily Ivanchuk suses menjungkalkan Anish Giri pada pertandingan pertama catur standar.

Vassily Ivanchuk pada langkah ke 38 menjalankan Be7-e3 guna mendukung dua bidaknya di petak g2 dan f3 menuju petak promosi. Langkah hitam selanjutnya, Bf6-h6+.

  • Rh2-g1 … Rb7-a6
  • f3-f4 ……. c7-c5
  • f4-f5

Hitam (Anish Giri) pun menyerah kalah, mengingat dua bidak bebas putih di sayap raja lebih cepat menuju petak promosi dibanding bidak hitam yang ada di sayap menteri.

Pada pertandingan kedua catur standar, Vassily Ivancuk yang memegang buah catur hitam hanya membutuhkan hasil remis saja untuk maju ke babak selanjutnya.

Pertandingan tersebut baru saja berakhir, dan Vassily Ivanchuk sukses meraih setengah poin sehingga Anish Giri pun tersingkir dari Piala Dunia 2017 di Tbilisi, Georgia.

Setelah langkah hitam Bb7-b4+, langkah putih selanjutnya, Rc4xc5. Vassily Ivanchuk mengorbankan Kuda hitam di petak d4 dengan melakukan langkah, Bd6-b6.

Langkah putih selanjutnya, Be4xKd4, dan hitam melakukan skak abadi Bb6-b5+, Rc5-c6. Benteng putih di petak e4 melayang, jika Raja putih melangkah ke petak d6.

Hasil remis di pertandingan kedua catur standar tadi mengantarkan Vassily Ivanchuk menuju babak kelima Piala Dunia 2017. Minimal ia telah mengantongi hadiah sebesar USD 35.000.

Demikian sekilas info catur terkini.

Gens Una Sumus.

Vassily Ivanchuk vs Anish Giri tadi pertandingan selengkapnya bisa dilihat di sini dan di sini.

Sumber gambar.