Tata Steel Chess: Pecatur Juga Manusia Biasa

 Catur
Tata Steel Chess
Magnus Carlsen

Adahati.com – Tata Steel Chess 2017, sebuah turnamen catur elit dunia yang berlangsung di Wijk aan Zee, Belanda (14-29 Januari 2017). Unntuk kelompok Masters dan siapa saja 14 pecatur top yang mengikuti Tata Steel Chess 2017 bisa dilihat di sini.

Saat ini para peserta sedang istirahat sejenak, dan rangkuman hasil dari 4 babak yang dipertandingkan sebelumnya adalah seperti ini:

  • Babak pertama.

Dari 7 pertandingan yang dimainkan hanya menghasilkan satu kemenangan saja, yaitu saat Pavel Eljanov mampu mengalahkan Richard Rapport, sementara pertandingan lainnya berakhir remis. Membosankan, dan belum panas rupanya.

  • Babak kedua.

Pavel Eljanov kembali memetik kemenangan setelah sukses menundukkan lawannya, Loek Van Wely. Juara dunia Magnus Carlsen (Norwegia) pun menang atas pecatur Polandia, Radoslaw Wojtasjek. Pertandingan lainnya remis.

  • Babak ketiga.

Pecatur China, Wei Yi menundukkan pecatur Rusia, Ian Nepomniachtchi yang diikuti oleh Wesley So yang beruntung bisa mengalahkan Richard Rapport. Sebenarnya Rapport (Hongaria) bermain taktis pada pertandingan ini, dan sempat merepotkan lawannya, tapi sebuah langkah blunder yang dilakukannya menghasilkan kemenangan bagi pecatur Amerika Serikat, Wesley So. Lima pertandingan lainnya berakhir remis.

  • Babak keempat.

Juara dunia Magnus Carlsen menundukkan Wei Yi, Wesley So mengalahkan Loek Van Wely, dan Pavel Eljanov kembali memetik kemenangan setelah di babak sebelumnya bermain remis melawan Pentala Harikrishna (India). Kali ini yang menjadi korbannya adalah pecatur India lainnya, yaitu Baskara Adhiban.

Pavel Eljanov pun memimpin klasemen sementara Tata Steel Chess 2017 dengan torehan 3,5 poin setelah 4 dari 13 babak yang akan dipertandingkan berakhir. 

Pajel Eljanov (Ukraina) masih bermain bagus dan cemerlang hingga 4 babak Tata Steel Chess 2017, tapi bukan berarti mudah baginya untuk memenangkan turnamen catur elit dunia ini. Masih banyak babak pertandingan yang tersisa, dan ia pun belum bertanding melawan pecatur top dunia seperti Magnus Carlsen, Wesley So, dan lain-lain. Di babak 5 nanti ia akan bertemu pecatur tangguh Armenia, Levon Aronian.

Tapi saat ini seluruh peserta sedang istirahat sejenak yang menandakan pecatur juga manusia, bukan robot. Meski manusia jenius sekalipun butuh istirahat juga.

Apa yang dilakukan oleh mereka selama istirahat ini?

Juara dunia Magnus Carlsen seorang penggemar sepakbola dan fans berat Real Madrid. Tahun 2015 lalu pada turnamen catur elit dunia lainnya, Qatar Masters Open, ia sempat bertemu dan bersalaman dengan legenda Barcelona yang saat ini bermain untuk klub Al Saad SC, Doha, yaitu Xavi Hernandez.

Pada pertandingan sepakbola persahabatan tadi para pemain Telstar pun ikut menemani. Carlsen ditunjuk sebagai kapten tim kesebelasan, sementara kapten tim kesebelasan lainnya adalah pecatur tuan rumah, Loek Van Wely.

Magnus Carlsen mencetak satu gol dalam pertandingan ini yang menyamakan kedudukan menjadi imbang 2-2, dan akhirnya tim kesebelasannya pun memenangkan pertandingan sepakbola persahabatan ini dengan skor akhir 6-2.

Juara dunia Magnus Carlsen pun sempat mengunjungi simultan catur di sebuah sekolah dasar dan berfoto ria dengan pecatur-pecatur muda di wilayah sana.

Demikianlah sekilas info Tata Steel Chess 2017.

Gens Una Sumus.

Ilustrasi dan sumber berita: tatasteelchess.com, chess.com, chess24.com, wikimedia.