Tari Juara Dunia Catur Junior 2017 di Tarvisio, Italia

 Catur
Tari

Adahati.com – Cut Tari? Siapa yang tak kenal artis ini. Beberapa tahun silam namanya pernah menjadi bahan pembicaraan yang hangat bersama Ariel dan Luna Maya.

Wajar timbul keheranan yang luar biasa jika Tari yang selama ini dikenal publik sebagai artis ternyata pintar bermain catur dan tampil sebagai Juara Dunia Catur Junior 2017.

Jika ada yang heran dan menduga hanya berita hoax, memang benar bukan Cut Tari yang Juara Dunia Catur Junior 2017, melainkan Aryan Tari, pecatur yang berasal dari negara yang sama dengan Juara Dunia Magnus Carlsen (Norwegia).

Satu hal lagi yang perlu diketahui, Aryan Tari seorang lelaki.

Pada 12 – 26 Novembar 2017 berlangsung Kejuaraan Catur Dunia Junior (FIDE World Junior Chess Championship) di Tarvisio, Italia. Kejuaraan catur ini menggunakan Sistim Swiss 11 babak, artinya ada 11 pertandingan yang dimainkan oleh setiap peserta.

Tari dari 11 babak yang dipertandingkan tadi berhasil mengumpulkan 8,5 poin.

Tari

Juara Dunia Magnus Carlsen pun ikut senang atas prestasi yang diraih rekan senegaranya itu, dan lewat akun Twitter-nya mengatakan:

“The amazing @aryan_tari is the new junior world champion!! Kept his cool in a difficult position in the last round-the mark of a champion”.

Tari pun lewat akun Twitter-nya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mengucapkan selamat dan mendukungnya selama ini.

“Thanks everyone, really happy to be the 2nd world champion from Norway!!”.

Atas prestasinya keluar sebagai Juara Dunia Catur Junior 2017 (FIDE World Junior Chess Championship) di Tarvisio, Italia ini, ia mendapatkan hadiah sebesar 2500 Euro.

Berikut ini daftar peringkat Kejuaraan Catur Dunia Junior 2017:

Tari

Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Selamat untuk Tari.

Mudah-mudahan suatu saat nanti ada waktu berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti sebuah turnamen catur. Jangan khawatir, kemungkinan besar Ariel tidak akan mengikuti kejuaraan catur yang diselenggarakan di negeri ini.

Sebagai penutup akan disajikan salah satu partai yang dimenangkan oleh Aryan Tari pada Kejuaraan Catur Dunia Junior 2017 di Tarvisio, Italia.

Pada langkah ke 24, putih melangkahkan Kf4-e6 yang mengancam Menteri hitam, dan hitam pun balik mengancam Menteri putih lewat langkah seperti ini:

  • Kg6-f4!

  • Me2-g4 …… Kf4xGh3+
  • Mg4xKh3 … Mg5xf5

Putih pun menyerah kalah karena kalah kualitas perwira.

Gens Una Sumus.

*Sumber gambar dan berita: chess24.com, youtube.com.