Pecatur Amerika Serikat Tumbang di Babak Kelima?

 Catur
Pecatur Amerika Serikat
Wesley So

Adahati.com – Pecatur Amerika Serikat peringkat 10 besar pada Standar Top 100 Players September 2017 yang dikeluarkan oleh FIDE adalah Fabiano Caruana peringkat 5, Wesley So peringkat 8, dan Hikaru Nakamura peringkat 10.

Ketiga pecatur Amerika Serikat ini mengikuti Piala Dunia 2017 yang diadakan di Tbilisi, Georgia, namun nasib mereka cukup tragis dan menyedihkan di sini.

Fabiano Caruna dan Hikaru Nakamura hanya bertahan hingga babak ketiga saja, masing-masing dikalahkan oleh Evgeniy Najer dan Vladimir Fedoseev.

Hanya Wesley So dari ketiga pecatur Amerikat Serikat tadi yang masih bertahan, dan baru saja ia sukses mengalahkan pecatur tuan rumah Georgia, yaitu Baduur Jobawa, dan sekaligus mengantarkan dirinya sebagai salah satu dari 8 pecatur yang menempati babak kelima atau babak perempat final Piala Dunia 2017.

Di sisi lain Wesley So akan menghadapi lawan yang cukup tangguh di babak berikutnya, yaitu pecatur Rusia yang menumbangkan rekannya, Grandmaster Hikaru Nakamura di babak ketiga, Vladimir Fedoseev yang berhasil mengalahkan pecatur Israel, Maxim Rodshtein di babak keempat.

Diagram peserta (pairing tree) babak perempat final selengkapnya ada di sini.

Tiga babak sebelumnya Vladimir Fedoseev sukses menyingkirkan pecatur Kuba Yusnel Bacallao Alonso, rekan senegaranya Ernesto Inarkiev, dan seperti sudah disebut di atas tadi, pecatur Amerika Serikat Hikaru Nakamura.

Di pertandingan pertama catur standar berakhir remis, dan di pertandingan kedua pada langkah ke 41 Hikaru Nakamura menjalankan langkah Ke6-g5.

  • Bf1-f5 … Kg6-h4
  • Bd7xg7+

Pecatur Amerika Serikat Hikaru Nakamura pun nangis bombay, dan tersingkir dari turnamen catur elit Piala Dunia 2017 di Tbilisi, Georgia.

Pertandingan selengkapnya bisa dilihat di sini

Pada pertandingan pertama catur standar di babak pertama, Fedoseev sempat kalah, tapi memenangkan pertandingan kedua, kemudian menyingkirkan Alonso di pertandingan catur cepat 2-0 langsung. Di babak kedua dan ketiga, ia sukses mengalahkan lawan-lawannya – Ernesto Inarkiev dan Hikaru Nakamura – pada pertandingan catur standar.

Namun di babak keempat kembali ia harus bertarung pada pertandingan catur cepat setelah ditahan imbang 1-1 pada pertandingan catur standar. Ia pun sukses menumbangkan Maxim Rodshtein 2-0 di pertandingan catur cepat ini.

Berikut ini partai pertama catur standar saat menghadapi Maxim Rodshtein, dan Vladimir Fedoseev pada langkah ke 38 menjalankan langkah Gd8-g5.

  • Gd5xKe6+ … Rg8-g7
  • Mc3xe3 ……. Gg5xMe3
  • Kc4xGe3 ….. Mf1xGa1

Pertandingan selengkapnya bisa dilihat di sini.

Mampukah pecatur Rusia Vladimir Fedoseev mengalahkan pecatur Amerika Serikat Wesley So di babak perempat final Piala Dunia 2017 di Tbilisi, Georgia?

Kemungkinan besar ia akan lolos, jika mampu menahan imbang Wesley So di pertandingan catur standar. Diperkirakan ia akan memenangkan pertandingan catur cepat atau catur kilat. Jika hal ini benar terjadi, maka semua pecatur Amerika Serikat pun tumbang, dan hanya bisa bertahan maksimal hingga babak kelima atau babak perempat final saja.

Sumber berita dan foto: chess24.com.