London Chess Classic: Wesley So Bermain Gemilang

 Catur
London Chess Classic
London Chess Classic

Adahati.com – Wesley So bermain gemilang pada babak kedua turnamen catur elit London Chess Classic. Sebelumnya pada babak pertama pecatur Filipina yang kini bermukim di Amerika Serikat ini berhasil menundukkan rekan senegaranya, Hikaru Nakamura. Sila baca laporan hasil pertandingannya di sini.

Di babak kedua, Wesly So bermain gemilang dan kembali meraih kemenangan setelah menundukkan pecatur tuan rumah, Michael Adams. Melalui pertarungan yang yang cukup sengit dan keras, akhirnya Wesley So menambah pundi-pundi poinnya pada turnamen catur elit London Chess Classic ini.

Kemenangan kedua Wesley So mengangkat dirinya ke puncak klasemen sementara dan satu-satunya pecatur yang meraih kemenangan dua kali berturut-turut, sekaligus menjadikan dirinya sebagai pecatur ke 12 yang menembus Elo Rating 2800.

Michael Adams pada langkah 37 menjalankan, Ke8-c7? Wesley So yang memegang buah catur putih langsung menekan lini pertahanan hitam lewat langkah f4-f5! Setelah hitam Mg6-g5, Gajah putih menusuk dan mengancam Kuda hitam, Gb2-e5!

Jika hitam Kc7-e8, maka Menteri hitam pun terkurung setelah langkah putih Ge5-f4 (Mg5-f6? e4-e5 atau Mg5-h5, putih Gc2-d1). Namun langkah hitam selanjutnya Kc7-e6 pun tidak menolong lagi, sebab putih langsung memakannya, f5xKe6, dan apabila hitam Mg5xGe5, Menteri putih langsung menusuk Raja hitam lewat langkah Md3-d7+, dan seterusnya. Hitam pun menyerah kalah.

Pecatur Amerika Serikat lainnya, Fabiano Caruana juga bermain gemilang dan menundukkan lawannya, Vaselin Topalov (Bulgaria) lewat pertahanan Perancis (French Defense). Topalov yang memegang buah catur putih harus mengakui kekalahannya pada langkah 38, dan kekalahannya ini merupakan kekalahan kedua setelah sebelumnya kalah saat menghadapi Vladimir Kramnik (Rusia).

Di papan lainnya, mantan juara dunia Viswanathan Anand (India) sukses menundukkan pecatur Perancis yang menjadi sekondan Magnus Carlsen pada Kejuaraan Catur Dunia (World Chess Championship 2016) di New York, Amerika Seikat, yaitu Maxime Vachier Lagrave. Sebelumnya di babak pertama Anand hanya bermain remis saat menghadapi Fabiano Caruana.

Sementara Vladimir Kramnik vs. Levon Aronian (Armenia) dan Anish Giri (Belanda) vs. Hikaru Nakamura (Amerika Serikat) berakhir remis.

Berikut ini adalah klasemen sementara turnamen catur elit London Chess Classic setelah menyelesaikan 2 babak dari 9 babak yang direncanakan.

Untuk menyaksikan seluruh jalannya partai-partai catur yang dipertandingkan pada babak kedua bisa dilihat di sini.

Gens Una Sumus.

Sumber gambar, dan sumber berita dan gambar: chess.com dan chess24.com.