Liga Spanyol Membuktikan Dirinya yang Terbaik?

 Bola, NPC

Adahati.com – Liga Spanyol adalah liga sepak bola terbaik di dunia?

Lionel Messi dan Christian Ronaldo adalah dua pemain terbaik dunia serta bermain di Liga Spanyol hingga saat ini. Sebenarnya secara langsung atau tidak langsung hal ini sudah membuktikan Liga Spanyol adalah liga sepak bola terbaik di dunia, tapi masih saja ada sebagian pihak yang membantahnya.

Liga Inggris yang terbaik, menurut pendapat sebagian pihak tadi. Salah satu alasannya cukup banyak klub-klub di sana yang bersaing ketat demi memperebutkan juara Liga Inggris, bukan seperti di Liga Spanyol yang notabene Barcelona dan Real Madrid saja yang berpeluang juara, sedangkan Atletico Madrid dianggap sebagai “pelengkap penderita”. Makanya bukan Liga Spanyol, tapi Liga Inggris yang terbaik di dunia.

Bagaimana dengan Bundesliga atau Liga Jerman? Bukankah lebih baik juga dibanding Liga Spanyol? Lelucon yang sampai saat ini cukup menggelikan mengatakan dibayar pun tidak ada yang mau menyaksikan pertandingan sepak bola di Bundesliga lewat televisi lokal di sini atau situs yang menyiarkan pertandingan di Liga Jerman tadi.

Mengapa? Salah satu alasannya ngantuk karena membosankan, makanya dibayar pun tidak ada yang ingin menyaksikan pertandingan di Bundesliga atau Liga Jerman tadi.

Begitu juga dengan Seri A atau Liga Italia. Jika Bundesliga menghasilkan juara yang bisa ditebak sebelum kompetisi berjalan, yaitu Bayern Munchen, maka Liga Italia adalah Juventus, sedangkan Napoli hanya sebatas “nyaris juara” saja. Tak heran Juventus bisa juara Liga Italia tujuh kali berturut-turut. Membosankan, bukan?

Jika dilihat 10 tahun terakhir siapa saja juara Liga Champions, Liga Eropa dan Juara Dunia antar klub, wajar saja jika Liga Spanyol adalah liga sepak bola terbaik di dunia karena klub-klub yang berasal dari Liga Spanyol mendominasi di sana.

Musim ini juara Liga Eropa sudah diraih oleh Atletico Madrid setelah sukses mengalahkan Marseille di babak final dengan skor akhir 3-0. Bulan ini juga kemungkinan besar Real Madrid juara Liga Champions mengalahkan Liverpool di babak final yang akan berlangsung tanggal 25 Mei 2018 di Kiev nanti.

Jika terbukti benar Real Madrid juara Liga Champions musim ini, apa lagi alasannya bahwa Liga Spanyol bukan liga sepak bola terbaik di dunia?

Salam bola itu bundar, bukan peang.

Artikel sebelumnya:

Sumber gambar.

Related Posts