Kader PKS yang Satu Ini Dilaporkan ke Polisi

 The Lohmenz Institute
kader PKS
Kader PKS yang Satu Ini Dilaporkan ke Polisi

Adahati.com – Siapa kader PKS yang dilaporkan ke polisi? Namanya sudah tidak asing lagi atau cukup terkenal di dunia maya karena diduga sering menyebarkan ujaran kebencian (hate speech) lewat akun media sosialnya.

Namun ada juga sebagian pihak yang berpendapat bahwa kader PKS yang satu ini namanya bisa cukup terkenal di dunia maya justru dibesarkan oleh lawannya.

Benar atau tidak pendapat tadi, kembali lagi bahas tentang kader PKS yang dilaporkan ke polisi oleh Muannas Al Aidid, pengurus Badan Advokasi dan Hukum (Bahu) NasDem.

Berawal dari pernyataan kader PKS yang bernama Jonru Ginting dalam sebuah acara talkshow salah satu stasiun televisi swasta. Ada dugaan kuat postingan Jonru Ginting yang menuduh PBNU menerima Rp 1,5 triliun sebagai sogokan penerbitan Perppu Ormas. Jonru pun diduga telah menyebarkan ujaran kebencian karena menyatakan asal-usul Presiden Jokowi tidak jelas dalam akun media sosialnya.

Maka dari itu, Jonru Ginting pun dilaporkan ke polisi. Masih menurut pendapat sang pelapor, kader PKS ini bukannya mengkritik, tapi lebih cenderung menyebarkan kebencian, karena sebuah kritik bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

“Beda dengan akun ini, dia tak melakukan klarifikasi,” ujarnya.

Terkait ujaran kebencian sebenarnya bukan hal yang baru. Presiden Jokowi pun beberapa waktu lalu sudah mengutarakan kecemasannya, namun tidak sedikit orang bebal di dunia ini yang tetap senang melakukannya. Bukan karena salah bunda mengandung, tapi mungkin saja bebal itu memang sudah bawaan orok.

Baru-baru ini saja pihak kepolisian telah menangkap anggota kelompok Saracen yang justru bisnisnya memanfaatkan mereka yang senang dengan ujaran kebencian dan meminta kelompok Saracen untuk melakukan sekaligus menyebarkannya.

Bingung ada semacam “proyek ujaran kebencian”? Sebaiknya jangan mudah bingung, karena orang bebal dan orang yang memanfaatkan orang bebal tetap ada hingga dunia ini kiamat, atau tidak akan pernah punah. Hal ini disebabkan antara lain orang bebal memiliki daya tahan hidup yang lebih baik dibanding dinosaurus.

Sungguh sebuah pertanyaan orang bebal, jika ia bertanya seperti ini misalnya.

“Mengapa kader PKS itu dilaporkan ke polisi, bukan dilaporkan ke sapi?”

Diperkirakan kader PKS Jonru Ginting akan merasa senang jika dilaporkan ke sapi. Bukan lantaran kader PKS itu cukup akrab berteman dengan sapi, tapi karena sapi tidak bisa bicara dalam bahasa manusia. Sia-sia saja laporannya jika melapor ke sapi.

Di samping itu, kader PKS Jonru Ginting kemungkinan besar tidak pernah melakukan pencemaran nama baik atau ujaran kebencian kepada sapi, tapi sekali lagi bukan berarti kader PKS itu selama ini cukup akrab berteman dengan sapi.

Jadi sudah benar advokat dan politikus Nasdem itu melaporkan Jonru ke polisi.

Sumber berita.