Juara Dunia Magnus Carlsen Ditantang Sergey Karjakin

 Catur
juara dunia magnus carlsen
Sergey Karjakin

Juara Dunia Magnus Carlsen Ditantang Sergey Karjakin

 Adahati.com – World Chess Candidates di Moskow, Rusia, 10-30 Maret 2016, diikuti oleh delapan grandmaster top dunia yang menjadi pesertanya, yaitu:

  • Viswanathan Anand (India), finalis World Chess Championship 2014.
  • Sergey Karjakin (Rusia) dan Peter Svidler (Rusia), finalis World Cup 2015.
  • Hikaru Nakamura (AS) dan Fabiano Caruana (AS), dua peringkat teratas Grand Prix Tournament.
  • Vaselin Topalov (Bulgaria) dan Anish Giri (Belanda) yang memenuhi persyaratan berdasarkan peringkatnya.
  • Levon Aronian (Armenia) yang ditunjuk berdasarkan wild card yang dimiliki oleh Presiden FIDE.

World Chess Candidates ini menggunakan sistim “Double Round-Robin“, artinya setiap peserta akan menghadapi semua peserta lainnya sebanyak 2x (bergantian memegang buah catur putih dan hitam). Dengan demikian setiap peserta turnamen akan memainkan 14 babak pertandingan, dan pemenangnya akan menantang juara dunia Magnus Carlsen (Norwegia) pada bulan November 2016, di Amerika Serikat.

Hingga babak 13 masih ada 3 peserta urutan teratas yang memiliki peluang untuk keluar sebagai pemenangnya, yaitu Sergey Karjakin, Fabiano Caruana, dan Viswanathan Anand. Di babak 14 atau babak terakhir Sergey Karjakin akan berhadapan dengan Fabiano Caruana, sedangkan Anand akan menghadapi Peter Svidler.

Anand hanya mampu bermain remis di babak 14 ini. Ia pun harus melupakan mimpinya untuk menantang sang juara dunia catur, yaitu bocah ajaib “si tukang tidur” Magnus Carlsen yang telah mempermalukannya.

Carlsen menumbangkan Anand dengan skor 6,5 – 3,5 di World Chess Championship 2013 di kota Chennai, India negaranya sendiri, dan kembali Carlsen mengalahkannya dengan skor 6,5 – 4,5 di World Chess Championship 2014, Sochi, Rusia.

Karjakin di babak 14 berhasil menumbangkan Caruana lewat Pertahanan Sisilia pada langkah 42. Dengan demikian Karjakin yang akan menantang Carlsen bulan November 2016 di Amerika Serikat nanti, sedangkan Caruana hanya bisa menyaksikan kejuaraan dunia catur tersebut berlangsung di negaranya sendiri, dan kembali Amerika Serikat belum berhasil menelurkan juara dunia setelah era pecatur eksentrik, Bobby Fischer.

Klasemen terakhir World Chess Candidates 2016, Moscow adalah sebagai berikut:

Sergey Karjakin (Rusia) akan mempertaruhkan reputasi negaranya yang dikenal sebagai gudang pecatur handal dunia saat berhadapan dengan Magnus Carlsen nanti.

Akankah pecatur Rusia ini tampil sebagai pemenangnya, atau Carlsen kembali berhasil mempertahankan gelar juara dunianya?

Menurut perkiraan saya Karjakin masih sulit bisa mengalahkan juara dunia Magnus Carlsen jika performanya stabil. Ketajaman manuver langkah dan posisional buah catur seorang Carlsen masih di atas Karjakin. Namun terlepas dari itu semua siapa pun pemenangnya nanti tetap akan dikuasai oleh generasi muda yang lahir tahun 1990, bukan generasi tua seperti Anand, meski ia masih gagah dan berani .

Memang sudah berakhir masa jayanya.

Gens Una Sumus. 

Sumber gambar, dan sumber berita: chess24.com