Jual Saham Bir, Anies-Sandi pun Mengundang Haru?

Adahati.com – Jual saham bir, belakangan ini cukup hangat beritanya.

Rencana jual saham bir ini pun bukan hanya sebatas rencana, tapi sudah bisa dipastikan akan terjadi mengacu pada pernyataan Anies Baswedan di sini.

Juga disebutkan alasannya mengapa pasti akan jual saham bir milik Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Djakarta Tbk. “Kalau dibandingkan dengan yang lain nggak (terlalu menguntungkan) lah. Jakarta itu jauh lebih membutuhkan kita berinvestasi kepada air bersih daripada ‘air keras’. Itu pasti tuh,” kata Anies.

Sementara Sandi terkait jual saham bir tadi mengatakan: “Kami sekarang lagi mencoba melakukan beauty contest untuk penasihat keuangan yang bisa memberikan input masukan untuk perkara tentunya investasi kami di Delta Jakarta ini.”

PT Delta Djakarta tbk selama ini memproduksi bir pilsener dan bir hitam seperti Angker, Carlsberg, dan lain-lain. Rutin menyetor dividen yang cukup besar. Tahun 2017 lalu, Pemprov DKI Jakarta menerima setoran dividen sebesar Rp 37,8 miliar. Jika saham 23% milik Pemprov DKI Jakarta di PT Delta Djakarta tbk dijual saat ini diperkirakan Pemprov DKI Jakarta akan mendapat dana sebesar Rp 962 miliar.

Kurang menarik sekilas sejarah PT Delta Djakarta tbk tadi, juga dana yang didapat Pemprov DKI Jakarta dari jual saham bir ini. Tapi alasan Anies-Sandi jual saham bir tadi yang jauh lebih menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Mengapa saham yang menguntungkan dijual? Alasan Anies tadi, dibandingkan dengan yang lain tidak terlalu menguntungkan dan Jakarta lebih butuh investasi air bersih. Di sinilah mungkin saja ada sebagian pihak yang merasa bingung dan terharu.

Dibandingkan dengan yang lain itu apa? Berapa banyak Pemprov DKI Jakarta memiliki saham di perusahaan lain seperti PT Delta Djakarta tbk? Mana contohnya? Kasih kek beberapa contoh saham milik Pemprov DKI Jakarta di tempat lain yang jauh lebih menguntungkan dibanding PT Delta Djakarta tbk tadi.

Investasi air bersih itu maksudnya apa? Dipindahkan sahamnya atau membeli saham perusahaan air mineral yang ada di pasaran saat ini? Makanya setelah jual saham bir di PT Delta Djakarta tbk langkah selanjutnya masih belum jelas.

Rasa haru sebagian pihak tadi bisa saja semakin tinggi, terutama bagi orang awam. Ternyata jual saham bir pun ada beauty contest. Kirain semua beauty contest itu sebaiknya jangan ditonton, nanti bisa birahi tinggi lihat yang pakai bikini.

Di sisi lain setelah jual saham bir yang menguntungkan, apakah bir produk PT Delta Djakarta tbk masih tetap beredar dan bisa dibeli oleh masyarakat Jakarta?

Jual saham bir ini masih cenderung gazebo (gak zelas bo), tapi pernyataan pejabat yang cenderung gazebo sekaligus mengundang bingung dan haru itu sudah biasa.

Category: Politic, The Lohmenz InstituteTags: