Grenke Chess Classic 2018, Magnus Carlsen Juara?

Adahati.com – Grenke Chess Classic 2018 adalah turnamen catur elit yang diikuti oleh 10 Grandmaster, yaitu juara dunia Magnus Carlsen, pemenang Berlin Candidates Fabiano Caruana, juara Grenke Chess Classic 2017 Levon Aronian, mantan juara dunia Viswanathan Anand, pecatur top Perancis Maxime Vachier-Lagrave, mantan juara dunia wanita Hou Yifan, sedangkan nama-nama lainnya kurang populer, yakni Nikita Vitiugov, Arkadij Naiditsch, Georg Meier, dan Matthias Bluebaum.

Grenke Chess Classic 2018 akan memainkan 9 babak (31 Maret – 9 April 2018), dan pairing yang sudah ditentukan bisa dilihat di sini.

Babak pertama Grenke Chess Classic 2018 pada 31 Maret lalu hasil pertandingan selengkapnya bisa dilihat di bawah ini:

Grenke Chess Classic

Di babak kedua ada empat kemenangan yang diraih dan hanya satu pertandingan saja yang berakhir remis.

Grenke Chess Classic

Sedangkan di babak ketiga Grenke Chess Classic 2018 lebih banyak hasil pertandingannya yang berakhir remis (3) dibanding menang/kalah (2).

Grenke Chess Classic

Ada delapan pertandingan yang berakhir remis setelah tiga babak berlalu, artinya perbandingan partai yang berakhir remis dan menang/kalah masih cukup bagus.

Klasemen sementara Grenke Chess Classic 2018 setelah menyelesaikan tiga babak dari sembilan babak yang direncanakan seperti terlihat di bawah ini:

Grenke Chess Classic

Sekadar rangkuman dari hasil pertandingan tiga babak tadi:

  • Pecatur top Perancis Maxime Vachier-Lagrave memimpin klasemen sementara dengan 2,5 poin setelah meraih dua kemenangan, dan menariknya kemenangan tersebut diraihnya atas mantan juara dunia, Viswanathan dan Hou Yihan.
  • Magnus Carlsen, Fabiano Caruana dan juara Grenke Chess Classic 2017 Levon Aronian memetik satu kali kemenangan, tapi atas pecatur yang cenderung lemah.
  • Levon Aronian yang babak belur di turnamen catur Berlin Candidates hingga saat ini mengumpulkan 2 poin dari tiga babak yang sudah dipertandingkan, tapi apakah hasilnya masih cukup bagus hingga babak kesembilan nanti?
  • Hou Yihan berada di peringkat terbawah dan diperkirakan hingga usai Grenke Chess Classic 2018, satu-satunya peserta wanita ini masih betah di peringkat terakhir.

Bagaimana dengan juara dunia Magnus Carlsen? Apakah ia akan tampil sebagai pemenang Grenke Chess Classic 2018 seperti pada Grenke Chess Classic 2015?

Perjalanan masih jauh, dan ada baiknya sambil menunggu perkembangan lebih lanjut terkait turnamen catur elit Grenke Chess Classic 2018 ini, markiper (mari kita perhatikan) salah satu partai kemenangan yang cukup menarik di bawah ini:

Catatan tambahan: R = Rock (Benteng), B = Bishop (Gajah), N = Knight (Kuda), Q = Queen (Menteri) dan K = King (Raja), sedangkan pion tanpa simbol atau koordinat saja.

Grenke Chess Classic

Langkah hitam selanjutnya, Rxf2!

  • RxR ….. BxR+
  • KxB ….. RxB

Grenke Chess Classic

  • Qxa7 …. Ne4+!
  • Kg1 ……. Ra3!

Grenke Chess Classic

Pertandingan pun berakhir di sini karena diagonal a7-g1 lepas dari pengawasan Menteri putih jika Menteri putih menghindar dari ancaman Benteng hitam.

Ada “skenario mati Raja yang lucu”, jika Menteri putih menghindar dari ancaman Benteng hitam, misalnya Qb7, karena langkah hitam selanjutnya, Qd4+.

  • Kh1 …. Nf2+ (QxR+? Tidak lucu)
  • Kg1 …. Nh3++
  • Kh1 …. Qg1+
  • RxQ …. Nf2+ #
Grenke Chess Classic

Grenke Chess Classic

Tapi “skenario mati Raja yang lucu” seperti ini hanya membuat kagum pecatur tingkat Kelurahan atau tingkat RT/RW saja.

Gens Una Sumus.

*Sumber gambar dan berita: chess24.com.

Category: ChessTags: