Grandmaster Wesley So ke Babak Final Piala Dunia 2017?

 Catur
Grandmaster
Grandmaster Wesley So di Piala Dunia 2017, Tbilisi, Georgia.

Adahati.com – Grandmaster Wesley So merupakan satu-satunya dari “The Three Stooges” pecatur Amerika Serikat yang masih bertahan di Piala Dunia 2017.

“The Three Stooges” yang dimaksud di sini adalah Grandmaster Fabiano Caruana peringkat 5, Grandmaster Wesley So peringkat 8, dan Grandmaster Hikaru Nakamura peringkat 10 dari 100 Pecatur Top Dunia bulan September 2017.

Sekadar lelucon, “The Three Stooges” diartikan sebagai “Tiga Cowok Blo’on”.

Salah satu dari tiga Grandmaster tadi diharapkan oleh Federasi Catur Amerika bisa menjadi juara dunia setelah era Bobby Fischer berakhir.

Sebelumnya Grandmaster Fabiano Caruana dan Hikaru Nakamura sempat menjadi bagian dari World Chess Candidates  di Moskow, Rusia, 10-30 Maret 2016 lalu. Pemenangnya akan berhadapan dengan juara dunia Magnus Carlsen di New York, Amerika Serikat bulan November 2016, namun Fabiano Caruana kalah melawan Sergey Karjakin sehingga ia pun hanya menjadi penonton World Chess Championship 2016.

Empat puluh lima tahun berlalu, dan Amerika Serikat tak pernah lagi menelurkan juara dunia setelah Bobby Fischer mengalahkan Boris Spassky di Reykjavik, Eslandia (1972).

Jika Amerika Serikat saja tak mampu menelurkan juara dunia meski sudah empat puluh lima tahun berlalu, kapan juara dunia catur berasal dari Indonesia? Jawaban mudahnya, sampai kiamat pun tak kan pernah ada selama pembinaan olahraga catur masih ngawur dan megap-megap terus sampai saat ini.

“The Three Stooges” yang diharapkan bisa menjadi penerus Bobby Fischer tadi, yaitu Grandmaster Fabiano Caruana, Wesley So dan Hikaru Nakamura pun mengikuti Piala Dunia 2017 di Tbilisi, Georgia, tapi belum apa-apa “dua cowok blo’on” sudah gugur di babak ketiga. Dengan demikian hanya tinggal Wesley So saja yang masih bertahan.

Diperkirakan “The Three Stooges” pecatur Amerika Serikat akan habis di babak kelima, karena Wesley So akan berhadapan dengan Vladimir Fedoseev.

Fedoseev selalu lolos ke babak berikutnya dalam pertandingan catur cepat atau catur kilat, sementara Wesley So cenderung lemah di sini. Jika pecatur Rusia tersebut mampu menahan imbang Wesley So pada pertandingan catur standar, kemudian dilanjutkan dengan catur cepat atau catur kilat, diperkirakan ia akan memenangkan babak kelima dan maju ke babak semifinal Piala Dunia 2017.

Namun Grandmaster Rusia Vladimir Fedoseev hanya mampu menahan imbang atau remis pada pertandingan pertama catur standar saja, sementara pada pertandingan kedua catur standar, Grandmaster Amerika Serikat Wesley So mengalahkannya lewat pertarungan yang panjang dan melelahkan.

Ada delapan puluh tiga langkah dihabiskan sebelum Grandmaster Wesley So berhasil memenangkan babak kelima ini.

Berikut diagram catur pertandingan kedua tadi setelah langkah ke 75:

Grandmaster

Pertandingan babak akhir Gajah, tapi Gajah Fedossev menanggung beban yang berat karena harus menjaga tiga pion dari incaran Gajah putih (a5, f4 dan h4).

Grandmaster

  • Ga3-f8 …… Gd8-g5
  • Gf8-g7 …… Rc5-d5
  • Gg7-e5+ … Rd5-c5
  • Rd3-c3 ….. Gg5-h6
  • Ge5-f6

Grandmaster

Satu pion hitam terancam gugur, dan langkah hitam selanjutnya Gh6-f8.

  • Rc3-d3 … h4-h3
  • g2xh3 ….. Gf8-d6
  • Gf6-e5

Buah simalakadut (dimakan bapak yang gendut, tak dimakan emak yang gendut).

Pertandingan selengkapnya bisa dilihat di sini.

Grandmaster Wesley So pun melangkah ke babak semifinal Piala Dunia 2017, dan akan berhadapan dengan pecatur Vietnam Grandmaster Ding Liren.

Diperkirakan Wesley So mampu mengalahkannya, dan salah satu dari “The Three Stooges” pecatur Amerika Serikat pun berhasil melangkah ke babak final?

Gens Una Sumus.

sumber foto: youtube.com.