Fabiano Caruana Vs Magnus Carlsen di London

1 435

Adahati.com – Fabiano Caruana Vs Magnus Carlsen, duel antara pecatur Amerika Serikat dan Norwegia ini akhirnya terjadi juga pada November 2018 di London nanti setelah di babak keempatbelas atau babak terakhir turnamen catur Berlin Candidates yang berakhir dini hari tadi, Fabiano Caruana keluar sebagai pemenangnya.

Sebelumnya pecatur Amerika Serikat Fabiano Caruana memimpin klasemen sementara Berlin Candidates dengan 8 poin usai babak ketigabelas dipertandingkan kemarin, dan hanya butuh hasil remis saja melawan pecatur Rusia Alexander Grischuk di babak terakhir agar terwujud duel antara pecatur Amerika Serikat dan Norwegia tadi.

Tiga partai di babak terakhir, yaitu antara Levon Aronian (Armenia) dan Wesley So (Amerika Serikat), Sergey Karjakin (Rusia) dan Ding Liren (China), juga Vladimir Kramnik (Rusia) dan Shakhriyar Mamedyarov (Azerbaijan) lebih dulu usai dan semua partai tadi berakhir remis.

Klasemen sementara menunjukkan Shakhriyar Mamedyarov berada di atas, artinya Fabiano Caruana Vs Magnus Carlsen bisa gagal jika Grischuk yang memegang buah catur putih menundukkan pecatur Amerika Serikat Fabiano Caruana, tapi saat artikel ini sedang ditulis, posisi buah catur hitam Fabi unggul atas pecatur Rusia tadi.

Akhirnya pertandingan di babak terakhir antara Alexander Grischuk dan Fabiano Caruana tadi dimenangkan oleh pemegang buah catur hitam setelah putih menyerah kalah pada langkah 69.

Penambahan satu poin di babak terakhir ini memantapkan posisi Fabiano Caruana di puncak klasemen sekaligus memenangkan turnamen catur Berlin Candidates dengan 9 poin, dan terwujudlah Fabiano Caruana Vs Magnus Carlsen di London pada November 2018 nanti.

Setelah 46 tahun berlalu ada lagi pecatur Amerika Serikat yang menantang juara dunia, terakhir pecatur jenius dan eksentrik Bobby Fischer melakukannya pada 11 Juli 1972 di Reykjavík, Islandia menghadapi pecatur Uni Soviet Boris Spassky yang dikenal sebagai Match of The Century.

Selamat kepada Fabiano Caruana pemenang turnamen catur Berlin Candidates.

Gens Una Sumus.

Artikel catur Berlin Candidates lainnya:

Category: ChessTags: