Fabiano Caruana Nomor Satu di Turnamen GCC 2018

1 368

Adahati.com – Fabiano Caruana nomor satu atau pemenang Berlin Candidates beberapa waktu lalu. Tak lama setelah usai Berlin Candidates tadi, ia pun tampil pada turnamen catur Grenke Chess Classic (GCC) 2018 yang diikuti oleh 10 grandmaster, dan kembali Fabiano Caruana nomor satu di sini.

Artikel sebelumnya mengenai GCC 2018 bisa dilihat di bawah ini:

Setelah menghabiskan waktu selama 10 hari (31 Maret – 9 April 2018), GCC 2018 pun berakhir hari ini, dan seperti sudah disebut di atas tadi Fabiano Caruana nomor satu setelah sukses mengumpulkan 6,5 poin dari 9 babak yang dipertandingkan.

Berikut ini klasemen akhir Grenke Chess Classic 2018.

Fabiano Caruana Nomor Satu

Fabiano Caruana Nomor Satu

Beberapa catatan yang cukup menarik dari GCC 2018 tadi dan Fabiano Caruana nomor satu di sini antara lain sebagai berikut:

  • Fabiano Caruana menurut pengakuannya sekadar iseng atau bersenang-senang saja di GCC 2018 ini, tapi bisa nomor satu, apalagi kalau ia serius.
  • Juara dunia Magnus Carlsen seperti halnya Fabiano Caruana dan Levon Aronian tak pernah mengalami kekalahan, tapi gagal tampil sebagai juara, dan selisih satu poin dengan Fabiano Caruana cukup memprihatinkan.
  • Pecatur Armenia Levon Aronian sebelumnya babak belur di turnamen catur Berlin Candidates, tapi di GCC 2018 ini menempati peringkat ketiga.
  • Satu-satunya peserta wanita, yaitu Hou Yifan diperkirakan akan betah berada di peringkat terbawah, namun bisa juga naik dan berada di peringkat kedelapan.
  • Ada 9 babak yang dipertandingkan, dan satu babaknya terdiri dari 5 pertandingan. Total ada 45 pertandingan dan hasilnya 13 partai berakhir dengan menang/kalah, sementara sisanya 32 partai berakhir remis. Menyebalkan, bukan?

Sebagai penutup akan disajikan salah satu partai di GCC 2018 yang baru saja berakhir dan pecatur Amerika Serikat Fabiano Caruana nomor satu di sini.

Fabiano Caruana Nomor Satu

Fabiano Caruana Nomor Satu

Putih unggul satu perwira Gajah, tapi hitam memiliki pion b2 yang selangkah lagi promosi dan Benteng hitam pun masih mendukung dari belakang sesuai prinsip dasar bermain catur. Tapi bagaimana kalau yang terjadi adalah sebaliknya?

  • h4 ….. Kg7
  • Re7 … Rd5
  • Rb7 … Rd2
Fabiano Caruana Nomor Satu

Fabiano Caruana Nomor Satu

Kini Benteng putih sudah berada di belakang pion hitam b2.

  • Ba2 …. Kh6
  • Bxf7
Fabiano Caruana Nomor Satu

Fabiano Caruana Nomor Satu

Pion hitam jatuh satu, nanti jatuh satu lagi, makanya hitam pun menyerah kalah di sini.

Gens Una Sumus.

*Sumber berita dan gambar: chess24.com, chess.com.

Category: ChessTags: