Daftar Peringkat 100 Pecatur Top Dunia (Top 100 Players)

 Catur
Daftar Peringkat 100 Pecatur Top Dunia
Daftar Peringkat 100 Pecatur Top Dunia (Top 100 Players)

Daftar Peringkat 100 Pecatur Top Dunia (Top 100 Players)

Adahati.com – Daftar peringkat 100 pecatur top dunia (Top 100 Players) biasanya dikeluarkan oleh Federasi Catur Dunia (FIDE) pada tanggal 1 setiap bulannya.

Bulan Oktober 2015 ini terjadi perubahan peringkat 10 pecatur top dunia dibanding bulan September 2015 lalu. Juara Dunia Magnus Carlsen (Norwegia), Vaselin Topalov (Bulgaria) dan Alexander Grischuk (Rusia) tidak mengalami perubahan peringkat, masing-masing tetap pada peringkat 1, 3 dan 10, meski Carlsen dan Topalov turun 3 poin Elo Ratingnya, serta Grischuk yang mendapat tambahan sebesar 3 poin.

Sedangkan pecatur top dunia yang mengalami penurunan peringkat dan Elo Rating adalah mantan Juara Dunia Viswanathan Anand dari peringkat 2 ke peringkat 4 (turun 13 poin), Fabiano Caruana dari peringkat 5 ke peringkat 6 (turun 13 poin) dan Wesley So yang terlempar dari daftar peringkat 10 pecatur top dunia (turun 12 poin).

Ada dua pecatur yang Elo Ratingnya tidak bertambah atau berkurang, tapi peringkatnya merosot, yaitu Liren Ding dan Vladimir Kramnik.

Pecatur yang peringkatnya naik dan Elo Ratingnya pun bertambah adalah Grandmaster super dari Amerika Serikat, Hikaru Nakamura dan Anish Giri dari Belanda. Meski Nakamura hanya bertambah 2 poin  dan Giri 5 poin, tapi peringkat Nakamura naik dari peringkat 4 ke peringkat 2, sedangkan Giri hanya naik satu peringkat saja, dari peringkat 6 ke peringkat 5.

Selengkapnya perubahan peringkat 10 pecatur top dunia dan Elo Ratingnya bulan Oktober 2015 dibanding bulan sebelumnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Daftar peringkat 100 pecatur top dunia

Wesley So yang tadinya warga negara Filipina dan sekarang bermukim di Amerika Serikat terlempar dari peringkat 10 pecatur top dunia, dan kini berada di peringkat 12.

Grandmaster Armenia Levon Aronian menggantikan peringkatnya, dan saat ini berada di peringkat 7 setelah Elo Rating bertambah sebanyak 19 poin. Bulan September yang lalu Aronian masih berada di peringkat 11 dengan Elo Rating 2765.

Finalis FIDE World Chess Cup 2015, Peter Svidler dan Sergey Karjakin tetap berada di luar peringkat 10 pecatur top dunia. Peter Svidler masih berada di peringkat 26 dengan Elo Rating 2727, sedangkan Sergey Karjakin meski mengalami penurunan Elo Rating sebesar 3 poin, tapi peringkatnya naik satu tingkat, dari peringkat 12 ke peringkat 11.

Di bawah ini daftar peringkat 100 pecatur top dunia bulan Oktober 2015 yang dikeluarkan oleh Federasi Catur Dunia (FIDE).

Daftar Peringkat 100 Pecatur Top DuniaDaftar selengkapnya bisa dilihat di sini.

Demikianlah sekilas informasi catur terkini.

Gens Una Sumus.

Sumber berita: fide.com, sumber gambar.