Carlsen Juara Catur Kilat di Riyadh, Arab Saudi

0 943

Adahati.com – Carlsen juara catur kilat di Riyadh, Arab Saudi, dan menerima hadiah sebesar $ 250.000,- sebelum dikurangi jatah preman 20%.

King Salman World Chess Championship 2017 (24-31 Desembar) total hadiahnya menggiurkan. Terbagi dalam dua jenis pertandingan, yaitu catur cepat (rapid games) dan catur kilat (blitz games). Makdarit, dinamakan King Salman Rapid & Blitz 2017.

Mengenai aturan pertandingan (rapid and blitz), sila baca aturan FIDE di sini.

Carlsen juara catur kilat, tapi gagal juara catur cepat dan hanya menempati peringkat 5.

King Salman World Chess Championship 2017 dimulai dengan pertandingan catur cepat yang diikuti oleh 134 peserta dan berlangsung sebanyak 15 babak selama 3 hari (26-28 Desember, atau sehari ada 5 babak yang dipertandingkan).

Viswanathan Anand yang keluar sebagai juara dunia catur cepat. Ia pun berhak atas hadiah sebesar $ 250.000,- (sila lihat peringkat selengkapnya).

Esoknya dilanjutkan dengan pertandingan catur kilat (29-30 Desember), dan Carlsen juara di sini setelah mengumpulkan 16,5 poin dari 21 babak yang dipertandingkan (hari pertama 10 babak, dan hari kedua 11 babak), mengungguli Sergey Karjakin (14,5), Viswanathan Anand (14,5), Wang Hao (14), dan Levon Aronian (14).

Carlsen juara

Carlsen juara

Peringkat selengkapnya bisa dilihat di sini.

Anand juara catur cepat dan Carlsen juara catur kilat serta masing-masing menerima hadiah sebesar $ 250.000,-. Berapa besar hadiah yang diterima peringkat lainnya?

Carlsen juara Carlsen juara

Sebulan sebelum turnamen King Salman World Chess Championship 2017 ini dimulai, pihak penyelenggara harus mentransfer total hadiah di atas tadi ke rekening FIDE, dan sebanyak 20% merupakan “jatah preman” Federasi Catur Dunia.

Lumayan besar jatah premannya, tapi Anand dan Carlsen tidak memasalahkannya. Memang sudah biasa, di setiap turnamen catur elit ada jatah preman FIDE, antara lain guna mengembangkan olahraga otak yang satu ini.

Sebagai penutup akan disajikan salah satu partai kemenangan yang diraih oleh Carlsen pada pertandingan catur kilat (blitz games) di mana Carlsen juara di sini.

Hitam baru saja melakukan langkah Ge8-b5. Seperti biasa dalam pertandingan catur kilat ada saja langkah kocak atau blunder, meski sudah menyandang gelar Grandmaster dengan elo rating 2759 seperti pecatur India Pentala Harikrishna.

  • Bc4-c5 ….. Gb5xe2
  • Rg2-g3 ….. Ge2-d3
  • Rg3-f4 …… Re6-d6?

carlsen juara carlsen juara

Kali ini giliran Carlsen yang dapat jatah preman.

Gens Una Sumus.

*Sumber berita dan gambar: chess.com, chess24.com, youtube.com.

Category: ChessTags: