Bukan Jokowi, Prabowo dan Gatot Nurmantyo?

0 78

Adahati.com – Bukan Jokowi, Prabowo dan Gatot, inikah Presiden RI berikutnya?

Selama ini ada tiga kandidat presiden yang sering disebut, yaitu Jokowi, Prabowo dan Gatot Nurmantyo. Dua nama pertama istilahnya “pemain inti”, sedangkan nama terakhir “pemain cadangan”, tapi konstelasi politik bisa berubah, politik itu cair.

Karena konstelasi politik bisa berubah, politik itu cair, makanya jangan heran jika muncul nama kandidat presiden lainnya, atau bukan Jokowi, Prabowo dan “pemain cadangan” Gatot Nurmantyo yang akan memenangkan Pilpres 2019.

Kalau bukan Jokowi, Prabowo dan Gatot, siapa dia?

Sebaiknya jangan tertawa dulu. Demokrasi, aturan, Undang-Undang membolehkan siapa saja yang ingin menjadi capres selama memenuhi persyaratan yang ada.

Menurut berita di sini, Rizal Ramli siap maju sebagai capres. Tentu ada alasannya, tapi tidak menarik untuk dibahas lebih lanjut. Namun ada pernyataannya seperti ini:

“Banyak banget yang ingin jadi calon wakil presiden, di sini lucu,” kata Rizal Ramli yang secara langsung atau tidak langsung membenarkan pernyataan bahwa politikus itu seperti pelawak atau badut, karena pelawak dan badut itu lucu.

Bukan Jokowi, Prabowo dan Gatot, tapi Rizal Ramli Presiden RI berikutnya? Apa nama parpolnya? Tidak perlu ada, yang penting dukungan politik dari parpol memenuhi persyaratan presidential treshold, dan persyaratan lain dimilikinya untuk bisa maju sebagai capres serta memenangkan Pilpres 2019.

Apa untungnya parpol mencapreskan orang lain yang bukan kadernya, juga tidak memiliki partai? Ngapain aja kader-kader parpol tersebut selama ini kalau tidak ada yang layak dicapreskan? Pertanyaan tadi sebaiknya disimpan saja sambil tersenyum simpul.

Mungkinkah Rizal Ramli sedang meledek “pemain cadangan” Gatot Nurmantyo? Terlepas mungkin atau tidak mungkin, tapi cukup mengejutkan juga. Ternyata bukan Jokowi, Prabowo dan Gatot, melainkan Rizal Ramli Presiden RI berikutnya.

Mohon jangan tertawa dulu. Kata pelawak atau badut, maksudnya kata para politikus yang sering menghiasi media selama ini, yaitu konstelasi politik bisa berubah.

Inga-inga! Bukan Jokowi, Prabowo, apalagi “pemain cadangan” Gatot Nurmantyo yang kelak menjadi Presiden RI berikutnya, karena konstelasi politik itu bisa berubah.

Politik itu cair, ingus juga.

Sumber gambar: pxhere.com.

Category: Politic, The Lohmenz InstituteTags: