Budaya Politik Sontoloyo (Ada Yuni Shara?)

 The Lohmenz Institute
Budaya Politik Sontoloyo
Budaya Politik Sontoloyo

Budaya Politik Sontoloyo (Ada Yuni Shara?)

Adahati.com – “Saya sampai saat terakhir belum mendapat clearance dari Partai Gerindra,” alasan Sandiaga tak datang ke acara Reuni 212 di Monas.

Clearance yang dimaksud Sandiaga tadi adalah restu dari Prabowo.

“Nggak diberi clearance (Prabowo), restu,” jelasnya di sini.

Restu?

Airlangga Hartarto sedang santer disebut sebagai salah satu calon ketua umum Partai Golkar. Ia pun mengajak para pengurus partai yang ada di daerah untuk menemui Jokowi dengan tujuan agar pengurus daerah meminta izin sekaligus restu Presiden.

“Minta izin kepada Jokowi untuk secara eksplisit menyampaikan bahwa ia ikhlas melepas Airlangga memimpin Golkar dan Golkar tetap solid mendukung Airlangga. Dan mohon beliau bisa hadir dalam Munaslub,” kata Yorrys Raweyai membenarkan di sini.

Restu?

Idrus Marham nama lainnya yang juga santer disebut sebagai calon ketua umum Partai Golkar pun mengaku telah meminta restu kepada Presiden Jokowi.

Restu?

Tidak tertutup kemungkinan ada sebagian pihak yang heran, geleng-geleng kepala dan berkernyit dahinya. Apa-apaan ini?

Mosok cuma masalah seupil aja perlu restu? Dasar “budaya politik sontoloyo”.

Tapi di sisi lain mungkin juga ada sebagian pihak lainnya yang tidak setuju dan mengatakan bukan “budaya politik sontoloyo”.

Ih kasar, ih gak sopan. Apa salahnya sih minta restu? Gitu aja kok sewot, dan mengatakan “budaya politik sontoloyo”? Ingat kata Bang Oma atau Rhoma Irama dalam lagunya yang berjudul santai. Santai aja ya, mas brooo…

Terlepas setuju atau tidak setuju, kata “restu” bukan kata asing atau sudah sering terucap dan didengar. Lebih maknyus lagi kalau didampingi dengan kata “doa”.

Jadinya “doa dan restu”.

Ada baiknya – sekadar saran saja, itu pun kalau sempat – Sandiaga, Airlangga Hartarto dan Idrus Marham mendengarkan sebuah lagu lama yang pernah populer dan berjudul “Doa dan Restumu”.

Do’a dan restumu
Kini kunantikan
Siang malam rindu kunanti

Ada Yuni Shara?

Tidak ada, yang nyanyi Tetty Kadi.

Yuni Shara ke mana?

Meneketehe.

*Sumber gambar: youtube.com.