Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

 Bola, NPC
Barcelona tersingkir
Barcelona tersingkir

Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Adahati.com – Barcelona tersingkir dari Liga Champions usai leg kedua babak perempatfinal Liga Champions 2016-17 melawan Juventus dini hari tadi.

Pertandingan antara Barcelona dan Juventus tadi kurang menarik, karena kedua kesebelasan tidak mampu mencetak satu gol pun alias impoten, padahal bertaburan pemain bintang yang dibeli mahal dan digaji tinggi.

Skor akhir imbang 0-0 ini pun otomatis Barcelona tersingkir dari Liga Champions, sebab pada leg pertama kalah 0-3.

Namun herannya, meski impoten, para pemain Juventus terlihat gembira usai pertandingan, sedangkan pemain Barca terlihat sedih, tapi hal ini sesuatu yang wajar karena mereka tahu impoten, baik di leg pertama maupun leg kedua tak mampu mencetak satu gol pun.

Juventus bermain bertahan dan sekali-kali menyerang sudah diperkirakan sebelumnya. Sistim “pertahanan impoten”, atau catennacio, memang cenderung melahirkan pemain-pemain impoten. Di leg pertama pun pemain Juventus bisa subur atau mencetak tiga gol bukan karena macho atau jantan, tapi cenderung karena lini pertahanan Barcelona terbuka sehingga pemain Juventus pun mudah menjebol gawang mereka.

Wasit yang memimpin pertandingan leg kedua antara Barcelona dan Juventus secara keseluruhan bagus, meski ada keputusannya yang merugikan Barcelona tapi tidak terlalu signifikan mengubah hasil akhir pertandingan. Dengan demikian tidak benar sinyalemen yang mengatakan wasit cenderung menguntungkan klub-klub Spanyol seperti pernah dibahas sebelumnya di sini.

Bagusnya kepemimpinan wasit tadi, apakah artinya FIFA malu setelah menerima kritikan? Makanya wasit diinstruksikan tidak berpihak kepada tim tuan rumah? Atau sinyalemen wasit cenderung menguntungkan klub-klub Spanyol hanya berlaku untuk Madrid saja? Pertanyaan-pertanyaan di atas tadi mungkin saja diajukan oleh sebagian pihak, tapi saat ini kenyataan yang ada Barcelona tersingkir dari Liga Champions.

Kalah ya kalah, ke depannya nanti perbaiki penampilan yang buruk tadi, atau pergi ke dokter yang ahli menangani masalah yang ada. Mengapa Barcelona bisa impoten begini, baik di kandang lawan maupun di kandang sendiri?

Kemungkinan besar dokter akan menyarankan supaya beberapa pemain Barcelona dijual saja. Saat kalah 0-3 di leg pertama di kandang Juventus, Rio Ferdinand mengatakan ada 5-6 pemain yang tak pantas menggunakan seragam Barcelona. Terlalu kejam penilaiannya, tapi kalau 3-4 pemain yang layak dijual ada benarnya. Javier Mascherano, Iniesta, Rakitic, dan Sergi Roberto lebih baik dijual mumpung masih ada klub lain yang mau membelinya.

Mascherano sudah tua, dan lambat menutupi pergerakan pemain lawan sehingga lawan bisa mencetak gol. Iniesta pun sudah tua dan lambat, tapi nilai jualnya masih tinggi. Rakitic tidak jelas kontribusinya, begitu juga Sergi Roberto yang bermain sebagai bek kanan, tapi dipindahkan ke tengah pun tidak terlalu berarti.

Sebaiknya lihat saja nanti, tapi saat ini Barcelona sudah tersingkir dari Liga Champions 2016-17 yang harus diterima dengan lapang dada.

Sumber gambar.