Barcelona Tersingkir dari Liga Champions Bukan Kejutan

 Bola

Adahati.com – Barcelona tersingkir dari Liga Champions? Biasa saja, bukan sebuah kejutan. Memang pada leg pertama di Stamford Brige (21/2/18) skor akhir imbang 1-1 merugikan Chelsea, tapi sekali lagi bukan kejutan jika Barcelona tersingkir dari Liga Champions dan dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri pada leg kedua nanti.

Tanda-tanda Barcelona tersingkir dari Liga Champions sudah terlihat saat menghadapi Atletico Madrid di Nou Camp tadi malam (4/3/18). Sebelumnya pertandingan ini digadang-gadangkan akan berjalan seru, tegang dan mencekam. Serangan pun akan datang silih berganti. Atletico Madrid yang memiliki tren positif diyakini bisa menyulitkan, bahkan mengalahkan Barcelona. Nama Antoine Griezmann pun disebut dan dijagokan akan mencetak gol yang membuat tuan rumah gigit jari.

Barcelona dianggap performanya menurun pada beberapa pertandingan terakhir sehingga hanya selisih 5 poin saja dengan Atletico Madrid di klasemen sementara. Terakhir melawan tim papan bawah Las Pamas ditahan imbang 1-1. Pemain Barcelona terlihat seperti mati akal mencetak gol kedua guna meraih kemenangan yang berharga, tapi hingga wasit meniup peluit terakhir skor tidak berubah juga.

Atletico Madrid dan Antoine Griezmann yang tadinya diperkirakan bisa membuat Barcelona merana dan terhina dihadapan pendukungnya sendiri ternyata tidak terbukti. Gol tendangan bebas Messi menit 26 menjadi satu-satunya gol pada pertandingan yang jauh dari kesan seru, tegang dan mencekam. Cukup satu kata untuk menggambarkan pertandingan tadi malam, yaitu membosankan!

Kreasi serangannya pun miskin, dan bola hanya berputar di lapangan tengah karena Barcelona dan tamunya terkesan tidak ngotot menembus pertahanan lawan untuk mencetak gol. Atletico Madrid lebih banyak bertahan, sepertinya kedua kesebelasan cukup puas jika hasil pertandingannya berakhir imbang.

Di babak kedua sekitar 15-20 menit menjelang pertandingan usai, baru kedua kesebelasan terlihat bergairah bermain dengan serangan yang datang silih berganti, tapi secara keseluruhan pertandingannya cenderung membosankan.

Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Barcelona Tersingkir dari Liga Champions

Beberapa jam kemudian di belahan bumi lain Chelsea yang akan menjadi lawan Barcelona di leg kedua babak 16 besar Liga Champions kalah melawan tuan rumah Manchester City dengan skor akhir yang sama, 1-0.

Chelsea saat ini sedang bermasalah dan performanya pun menurun, juga belum tentu bisa tampil di Liga Champions musim depan, tapi bukan berarti tidak bisa membuat Barcelona tersingkir dari Liga Champions musim ini. Kesebelasan yang berada dalam posisi nothing to lose bisa sangat berbahaya.

Barcelona sebelum melawan Atletico Madrid diposisikan dalam keadaan berbahaya, tapi seperti biasa mampu keluar dari tekanan pada pertandingan tingkat tinggi. Sebaliknya melawan kesebelasan nothing to lose seperti Chelsea bukan sebuah kejutan jika Barcelona tersingkir dari Liga Champions nantinya.

Leg kedua nanti (14/3/18) diperkirakan Chelsea akan bermain menunggu seperti halnya Atletico Madrid, dan jika bisa menahan skor imbang di babak pertama, kans Chelsea cukup besar untuk membuat Barcelona tersingkir dari Liga Champions, entah lewat pertandingan dengan waktu normal atau adu tendangan pinalti. Mengingat pertahanan Chelsea pun cukup bagus, serta diasumsikan lebih baik dibanding Atletico Madrid, Barcelona akan kesulitan menghasilkan keunggulan gol di babak pertama, dan di babak kedua nanti menjadi babak neraka bagi tim tuan rumah.

Barcelona tersingkir dari Liga Champions bukan sebuah kejutan, tapi di sisi lain Barcelona beruntung dengan cederanya Iniesta yang sudah tua dan lamban. Pemain penggantinya Paulinho akan memberikan keseimbangan di lini tengah. Ernesto Valverde pun akan menerapkan strategi dan taktik yang sama saat melawan Atletico Madrid. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat sebelumnya ia sempat mengeluhkan padatnya jadwal pertandingan Barcelona.

Sekali lagi Barcelona tersingkir dari Liga Champions bukan kejutan, juga bukan kejutan jika pertandingan leg kedua antara Barcelona dan Chelsea nanti pun membosankan seperti halnya pertandingan antara Barcelona dan Atletico Madrid tadi malam.

*Sumber gambar: youtube.com.