Wesley So Juara Turnamen Catur London Chess Classic

 Catur

adahati.com – Pecatur Amerika Serikat, Wesley So juara turnamen catur elit London Chess Classic 2016 setelah menyelesaikan 9 babak yang dipertandingkan. Ia awalnya adalah seorang pecatur yang berasal dari Filipina, kemudian memilih untuk menetap di Amerika Serikat demi meningkatkan dan memajukan karir caturnya.

Wesley So juara turnamen catur elit London Chess Classic 2016 tanpa terkalahkan. Pecatur-pecatur elit dunia lainnya, yakni Fabiano Caruana (AS), Hikaru Nakamura (AS), Viswanathan Anand (India), Vladimir Kramnik (Rusia), Anish Giri (Belanda), Maxime Vachier Lagrave (Perancis), Levon Aronian (Armenia), Michael Adams (Inggris) dan Veselin Topalov (Bulgaria) tak mampu mengalahkannya.

Cukup tiga kali menang dan enam kali remis, Wesley So juara. Sebelumnya pun ia sudah dipastikan tampil sebagai juara Grand Chess Tour 2016. Sila baca keterangan selengkapnya di sini – Mantan Juara Dunia Hajar Topalov Hingga Nyungsep -.

Bulan ini pundi-pundi kekayaan Wesley So bertambah sebanyak $ 175.000. Sebagai pemenang Grand Chess Tour 2016, ia mendapat bonus sebesar $ 100.000, dan $ 75.000 hadiah yang diterimanya sebagai juara turnamen catur elit London Chess Classic 2016. “This is definitely my best achievement ever,” katanya.

Congratulation, Wesley So!

Wesley So juara Grand Chess Tour dan London Chess Classic sekaligus. Hal ini membuktikan ia adalah seorang pecatur spesial. Namun bukan hanya Wesley So saja yang layak menyandang predikat spesial. Jangan salah, masih ada satu lagi pecatur spesial lainnya, yaitu Anish Giri, pecatur spesial bermain remis!

Hanya ia satu-satunya pecatur yang tidak pernah menang pada turnamen catur elit London Chess Classic 2016. Sembilan kali main sembilan kali remis!

Veselin Topalov yang babak belur saja akhirnya berhasil memetik kemenangan. Pecatur Bulgaria ini mampu juga menjungkalkan seorang peserta turnamen di babak akhir atau babak 9, dan korbannya adalah pecatur Armenia, Levon Aronian.

Posisi buah catur setelah langkah 49, dan putih (Aronian) giliran melangkah.

  • Ke4-f6+ … Rg8-g7
  • Kf6-g4 ….. d3-d2
  • Bc7-d7 …. Bb8-e8
  • Kg4-f2 ….. Be8-e1

Putih pun menyerah kalah, mengingat ada ancaman hitam selanjutnya yang tak bisa dicegahnya lagi, yaitu Bb2-b1.

Congratulation, Veselin Topalov!

Berikut ini klasemen terakhir turnamen catur elit London Chess Classic 2016 yang diikuti oleh 10 (sepuluh) pecatur top dunia.

Selengkapnya partai-partai yang berlangsung dari babak awal hingga akhir turnamen catur elit London Chess Classic 2016 bisa dilihat di sini.

Gens Una Sumus.

Sumber berita dan gambar: ches.com, chess24.com, flickr.com.

Related Posts