Timnas Indonesia Gagal, tapi Masih Dapat Bonus?

 NPC

Adahati.com – Timnas Indonesia gagal meraih gelar juara Piala AFF 2016. Menang 2-1 di leg pertama melawan Thailand, tapi kekalahan 0-2 di leg kedua memupuskan asa yang sempat membumbung tinggi. Timnas Indonesia pun pulang dengan tangan hampa.

Namun kurang tepat sebenarnya apabila dikatakan pulang dengan tangan hampa. Hal ini mengacu pada pernyataan Menpora Imam Nahrawi.

Sebelum berlaga pada leg kedua, Presiden Jokowi mengatakan akan memberikan bonus sebesar Rp 12 miliar dengan harapan Timnas meraih gelar juara, tapi pada kenyataannya Timnas gagal mewujudkannya.

Apakah bonus tadi hilang dengan sendirinya atau Timnas pulang dengan tangan hampa? Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi masih tetap ada bonus, meski belum jelas berapa jumlah atau besar bonusnya.

“Tetap ada apresiasi dari pemerintah, tetapi jumlahnya akan dibicarakan lebih lanjut dengan Kementerian Keuangan. Kami sudah melengkapi semua persyaratan administrasi,” kata Menpora Imam Nahrawi di sini.

Dari pernyataan Presiden Jokowi dan Menpora Imam Nahrawi di atas tadi, setidak-tidaknya ada 3 (tiga) hal yang cukup menarik, yaitu:

Pertama, pemerintah tidak memperkirakan kemungkinan Timnas Indonesia gagal. Makanya Presiden Jokowi hanya menyebut bonus Rp 12 miliar dengan harapan Timnas Indonesia sukses menjuarai Piala AFF 2016.

Kedua, tidak dimasukkannya kemungkinan Timnas Indonesia gagal bisa dilihat dari besaran bonus yang masih akan dibicarakan lebih lanjut dengan Kementerian Keuangan seperti dikatakan oleh Menpora tadi

Ketiga, pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan bonus, sekalipun Timnas Indonesia gagal, tapi sengaja tidak disebut oleh Presiden Jokowi guna memicu semangat Timnas meraih gelar juara. Tidak tertutup kemungkinan pernyataan Menpora tadi sekadar basa-basi saja. Sebenarnya sudah ada jumlah atau besar bonusnya, tapi baru akan diungkap oleh Menpora beberapa hari kemudian.

Entah mana yang benar, tapi bonus untuk Timnas Indonesia sudah sewajarnya diberikan, terlepas Timnas berhasil atau gagal meraih gelar juara Piala AFF 2016.

Menpora memang belum mengatakannya, tapi diperkirakan jumlah atau besarnya bonus bagi Timnas Indonesia sekitar 25-50% dari Rp 12 miliar.

Hanya perkiraan saja. Kemungkinan salahnya masih tetap ada.

Berapa sebenarnya jumlah bonus bagi Timnas Indonesia?

Ilustrasi: kompas.com.

Related Posts