Tata Steel Chess 2017 Dimenangkan oleh Wesley “Superman” So

 Catur

adahati.com – Tata Steel Chess 2017, sebuah turnamen catur elit yang berlangsung di Wijk aan Zee, Belanda, dan untuk kelompok Masters diikuti oleh 14 pecatur top dunia.

Tahun 2016 lalu, Wesley So mencetak prestasi yang mengagumkan, puncaknya saat ia juara turnamen London Chess Classic, dan di awal tahun 2017 ini kembali mengukir prestasi yang gemilang dengan menjuarai turnamen catur elit Tata Steel Chess 2017.

Wesley So juara turnamen Tata Steel Chess 2017 setelah mengumpulkan 9 poin dari 13 babak yang dipertandingkan, dan unggul satu poin dari juara dunia Magnus Carlsen.

Berikut ini ringkasan dan analisis sekilas perjalanan Wesley So menjuarai turnamen catur elit dunia, Tata Steel Chess 2017, di Wijk aan Zee, Belanda (14-29 Januari 2017).

  • Babak pertama, Vs Magnus Carlsen (Norwegia).

So yang memegang buah catur putih mengawali pembukaan dengan d2-d4, dibalas oleh Carlsen dengan d7-d5, dan selanjutnya pertandingan mengarah ke Slav Defense, serta berakhir remis. Mungkin So belum panas, selain Carlsen juga pecatur tangguh.

  • Babak kedua, Vs Anish Giri (Belanda).

Anish Giri si “raja remis” mengajak Wesley So bertarung dalam pembukaan Grunfeld Defense. Baru 11 langkah sudah terjadi tukar Menteri, dan remis. Kurang menarik dibahas lebih lanjut, meski pertandingannya berlangsung 43 langkah.

  • Babak ketiga, Vs Richard Rapport (Hongaria).

Meski memegang buah catur putih, So tertekan pada pertandingan yang berlangsung dalam Queen’s Indian Defense ini. Beruntung Rapport blunder pada langkah 34 (Mf7-g6?), dan So meraih kemenangan pertamanya di turnamen Tata Steel Chess 2017 ini.

  • Babak keempat, Vs Loek Van Wely (Belanda).

Wesley So memetik kemenangannya yang kedua, setelah sukses unggul satu pion tanpa kompensasi apa-apa pada langkah 36 dalam pertarungan Queen Pawn Defense. Keunggulan satu pion di lajur a ini menumbangkan lawannya tujuh langkah kemudian.

  • Babak kelima, Vs Hentala Harikrishna (India).

Hattrick, tiga kali berturut-turut So mencetak kemenangan pada turnamen catur elit dunia, Tata Steel Chess 2017. Langkah 35 pecatur Amerika Serikat ini unggul satu perwira ringan (2 Kuda melawan 1 Gajah), dan mengalahkan lawannya 13 langkah kemudian dalam pertarungan King’s Indian Attack: Symmetrical Defense.

  • Babak keenam, Vs Baskara Adhiban (India).

Remis, kali ini So gagal mengulangi kesuksesannya mengalahkan pecatur India lainnya. So sempat disuguhkan pengorbanan Gajah lawannya pada langkah 25 (Gc6xa7), tapi pecatur Amerika Serikat ini santai saja menghadapi langkah “tipu-tipuan kecil” tadi. Pertarungan dalam King’s Gambit inipun berakhir remis pada langkah 39.

  • Babak ketujuh, Vs Pavel Eljanov (Ukraina).

Remis lagi, meski sempat terjadi “trik jual beli Menteri” pada pertandingan Italian Game ini. Eljanov lebih mendominasi, tapi So berhasil menetralisirnya.

  • Babak kedelapan, Vs Sergey Karjakin (Rusia).

Wesley So yang memegang buah catur hitam meladeni Sergey Karjakin dalam pertarungan Queen Pawn Defense. Pertandingannya pun cenderung berlangsung adem ayem saja, dan remis pada langkah 22.

  • Babak kesembilan, Vs Levon Aronian (Armenia).

Whoaaah…ngantuk. Remis lagi, empat kali berturut-turut Wesley So bermain remis. Pertandingan yang berlangsung dalam Queen’s Gambit ini remis pada langkah 38.

  • Babak kesepuluh, Vs Radoslaw Wojtaszek (Polandia).

Akhirnya pecatur Amerika Serikat, Wesley So kembali memetik kemenangan setelah sukses mengalahkan lawannya melalui Catalan Opening. Serbuan tiga bidak di sayap Menteri berhasil mengantarkan Wesley So memetik kemenangannya yang keempat pada turnamen catur elit dunia, Tata Steel Chess 2017.

  • Babak kesebelas, Vs Dmitry Andreikin (Rusia).

Remis, singkat saja pertandingan yang berlangsung dalam pembukaan Ruy Lopez (Spanish Game: Berlin Defense) ini. Hanya 25 langkah saja, tapi So masih memimpin klasemen sementara dengan 7,5 poin yang dikumpulkannya hingga 11 babak berakhir.

  • Babak keduabelas, Vs Wey Yi (China).

Remis lagi, baru 9 langkah sudah terjadi pertukaran Menteri pada pertandingan Queen’s Gambit Declined: Semi-Tarrasch Defense. Tinggal tersisa satu babak lagi turnamen catur elit dunia, Tata Steel Chess 2017 di Wijk aan Zee, Belanda (14-29 Januari 2017).

  • Babak ketigabelas, Vs Ian Nepomniachtchi (Rusia).

Wesley So masih tetap memimpin klasemen sementara dengan torehan 8 poin, tapi ada 3 (tiga) pecatur lainnya yang bisa menggagalkannya meraih gelar juara Tata Steel Chess 2017, yaitu juara dunia Magnus Carlsen, Levon Aronian dan Wey Yi dengan 7,5 poin, dan So memegang buah catur hitam pada pertandingan babak terakhir ini.

Wesley So meladeni pembukaan d2-d4 lawannya dengan Kg8-f6. Langkah kedua pecatur Rusia, Ian Nepomniachtchi Gc1-g5 yang dibalas oleh So dengan d7-d5.

Selanjutnya pertandingan berlangsung dalam Queen’s Pawn yang cukup seru dan menegangkan, serta So pun mengorbankan Gajahnya pada langkah 11.

  • Mc6xGb7 … Ma2-a1+
  • Kd2-b1 ……. Ba8-b8
  • Putih terpaksa menukarkan Menterinya dengan Benteng hitam.

Pada langkah 28 pecatur Amerika Serikat, Wesley So sukses menumbangkan lawannya, sekaligus menjuarai turnamen catur elit dunia, Tata Steel Chess 2017 tanpa terkalahkan.

Seluruh 13 babak pertandingan Wesley “Superman” So selengkapnya bisa dilihat di sini.

Demikianlah info catur terkini bagi penggemar catur yang baik hati, rajin menabung dan tidak sombong, di manapun Anda berada saat ini.

Gens Una Sumus.

Ilustrasi: wesleyso.com, sumber berita: tatasteelchess.com, chess.com, chess24.com, chessgames.com.

Leave a Reply

six + 18 =