Tante C Ada Hajatan Baru yang Cukup Menarik dan Menggairahkan

 NPC

adahati.com – Tante C ada hajatan baru yang cukup menarik tak lama lagi. Hajatan ini mungkin tak menarik bagi mereka yang kurang cerdas, lain halnya penggemar catur yang baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong. Tapi sebenarnya hajatan ini sudah berlangsung 79 kali atau edisi 79 dari sebuah turnamen catur elit dunia. 

Turnamen catur elit dunia Tata Steel Edisi 79 akan berlangsung di Wijk aan Zee, Belanda (14-29 Januari 2017). Untuk kelompok Masters akan diikuti oleh 14 pecatur top dunia, yaitu:

Magnus Carlsen (Norwegia), Wesley So (Amerika Serikat), Sergey Karjakin (Rusia), Levon Aronian (Armenia), Anish Giri (Belanda), Ian Nepomniachtchi (Rusia), Pentala Harikrishna (India), Pavel Eljanov (Ukraina), Radoslaw Wojtaszek (Polandia), Dmitri Andreikin (Rusia), Wei Yi (China), Richard Rapport (Hungaria), Loek Van Wely (Belanda) dan Baskaran Adhiban (India).

Juara dunia Magnus Carlsen tetap difavoritkan untuk tampil sebagai pemenang turnamen catur elit dunia Tata Steel Edisi 79. Separuh usia Carlsen atau 13 kali ia mengikuti turnamen ini, artinya sejak Carlsen usia 13 tahun. Juara dunia ini pun menilai pantai Wijk aan Zee yang indah merupakan salah satu pantai favoritnya yang sering dikunjunginya pada musim panas.

Bagaimana dengan peluang Wesley So? Tahun 2016 lalu ia menuai prestasi yang tinggi, dan kini Wesley So pun masuk dalam klub 2800, tapi rasanya di turnamen Tata Steel Edisi 79 sulit baginya untuk meraih gelar juara. Capek mungkin dia, atau grafiknya menurun di tahun 2017 ini.

Rusia mengirim tiga pecaturnya, tapi Sergey Karjakin pun diperkirakan masih sulit meraih gelar juara. Justru Ian Nepomniachtchi yang mungkin akan membuat kejutan nantinya, karena permainan caturnya yang menarik, pun semakin matang.

Bagaimana dengan pecatur tuan rumah, Anish Giri? Katanya di tahun 2017 ini Anish Giri memiliki resolusi, dan ingin meraih kemenangan lebih banyak?

Pecatur top dunia yang senang main aman atau remis, ya Anish Giri. Seandainya pun benar ada resolusinya, sudah bagus bisa meraih dua kali kemenangan sepanjang turnamen catur elit dunia Tata Steel yang berlangsung di negaranya sendiri.

Demikianlah sekilas info catur terkini dari Tante C ada hajatan baru berikut perkiraannya yang mungkin saja meleset atau tidak benar. Sedangkan jadwal pertandingan 13 babak selengkapnya dari hasil pairing yang sudah ditentukan, simak saja di web offsial Tata Steel Edisi 79 yang ada di sini.

Sebagai penutup, seperti biasa Tante C akan menghadirkan kembali Trik dan Problem Catur yang Sederhana.

  • Hitam giliran melangkah.
  • Gajah hitam diancam oleh Menteri putih, makanya lari ke petak strategis, yaitu:
  • Gc5-d4!

  • Ada petak strategis lain yang diincar oleh hitam yang membuat putih tak berdaya.
  • Petak yang mana?
  • Bingung?
  • Pegangan.

Gens Una Sumus.

Ilustrasi: wallpapercraft.net, sumber berita: chess.com, chess24, tatasteelchess.com.

Related Posts