Mengapa Menteri Tenaga Kerja Marahi Pekerja Tiongkok?

 Politik

adahati.com – Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri marah terhadap kelakuan seorang pekerja asing asal Tiongkok. Berawal dari sidaknya ke PT Huaxing, di Jalan Narogong KM 20, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/12/2016).

Di perusahaan tersebut ada 38 pekerja asing asal Tiongkok yang semuanya legal, artinya memiliki izin tinggal dan izin kerja. Namun 18 di antaranya terindikasi melanggar izin kerja. Misal, izin kerjanya teknisi listrik, tapi pekerjaannya marketing.

Hanif Dhakiri kemudian meminta semua pekerja di perusahaan tersebut keluar dan menampakkan diri di hadapannya. Namun seorang manager terlihat cuek saja bicara dengan seseorang lewat handphonenya saat Hanif menyuruhnya duduk.

Menteri Tenaga Kerja pilihan Presiden Jokowi ini pun marah. “Sit down! Sit down!” bentaknya dengan nada tinggi, seperti diberitakan oleh detik.com di sini.

Sit down, sit down…memangnya ada kursi? Tentu saja ada. Mosok datang dari Tiongkok ingin berusaha kemudian bikin perusahaan di sini, tapi kursi saja tak punya.

Sit down, sit down…teriak Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri marah. Mengapa marahnya pakai bahasa Inggris? Karena mereka tidak bisa berbahasa Indonesia. Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri pun tidak bisa berbahasa Tiongkok.

Bagi mereka yang pernah bekerja atau berhubungan kerja dengan perusahaan Tiongkok kemungkinan besar tidak heran lagi jika menemukan banyak pekerja asing asal Tiongkok yang tidak fasih berbahasa Inggris. Jangankan yang level bawah, yang level manager pun jarang yang bahasa Inggrisnya bagus dan enak didengar, apalagi kalau bicaranya lewat handphone, antara ngomong dan kumur-kumur beda tipis saja.

Sang manager cuek, terus saja bicara dengan seseorang lewat handphone, tapi ada kemungkinan tidak sedang kumur-kumur, karena ia sedang berbicara dengan atasannya. “Gawat pak boss. Ada yang marah-marah di perusahaan kita”.

Mungkin tidak seperti itu, tapi apapun isi pembicaraan sang manager asal Tiongkok tadi, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri sudah terlanjur naik pitam atau marah sambil teriak dalam bahasa Inggris yang jelas, “Sit down! Sit down!”.

Ilustrasi dan sumber berita: detik.com.

Related Posts