Mengapa Megawati Diam Pasca Kekalahan Ahok-Djarot?

 Politik

Mengapa Megawati Diam Pasca Kekalahan Ahok-Djarot?

Adahati.com – Megawati diam atau tidak memberikan komentarnya pasca kekalahan telak Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017. Apakah Ketua Umum PDIP Megawati diam karena ia sedang bingung mengingat calon gubernur (cagub) yang diusung oleh partainya semakin banyak saja yang kalah atau satu persatu tumbang?

Alasan Megawati diam bukan karena bingung atau belum bisa dipastikan sebabnya. Hal ini mengacu pada pernyataan Wakil Sekretraris Jendral PDIP, yaitu Achmad Basarah yang meenurut keterangannya saat ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sedang berada di luar kota, dan sampai saat ini belum bertemu, juga belum ada jadwal pembahasan atau evaluasi terkait kekalahan Ahok-Djarot tadi.

Selain nantinya akan dibahas terkait kekalahan Ahok-Djarot, dibahas juga masalah persiapan menghadapi Pilkada 2018. Ada 5 calon gubernur yang diusung sendiri oleh PDIP, juga Pilpres 2019 dimasukkan ke dalam agenda rapat untuk menyusun road map sebagai acuan untuk menentukan langkah-langkah politik atau strategi dan taktik politik PDIP untuk ke depannya nanti.

“Dalam waktu dekat kami akan menyusun road map untuk Pilkada serentak 2018. Mungkin minggu depan sudah dimulai pembahasan Pilkada 2018,” kata Wakil Sekjen PDIP Achmad Basarah (kompas.com, 26/4/2017).

Jika sebagian besar dari 5 calon gubernur yang diusung sendiri oleh PDIP di Pilkada 2018 tadi kalah lagi, apakah kembali Megawati diam? Pamor PDIP pun otomatis merosot drastis? Juga ikut berdampak buruk pada Pilpres 2019 sehingga hal ini akan memperkecil peluang Jokowi untuk menjabat Presiden Republik Indonesia selama dua periode? Saat ini kebingungan sedang melanda parpol pendukung pemerintah?

Megawati diam seharusnya bukan hal yang aneh, karena selama ini Ketua Umum PDIP itu memang dikenal tidak terlalu banyak bicara meski ketua umum parpol besar. Yang mengherankan justru jika ada pentolan ormas atau ketua umum parpol gurem tapi berisiknya lebih nyaring dari penjual obat pinggir jalan.

Terlepas Megawati diam karena bingung atau sebaliknya, tapi kekalahan Ahok-Djarot, dan calon gubernur yang didukung oleh PDIP sebelumnya memang perlu dievaluasi, kemudian mengambil strategi dan taktik yang jitu untuk ke depannya nanti.

Sumber gambar.