Mantan Juara Dunia Menelan Pil Pahit dari Nakamura

 Catur

Adahati.com – Mantan juara dunia menelan pil pahit dari Nakamura di London Chess Classic babak ketiga. Memang tidak selamanya ulang tahun itu diliputi kebahagiaan dan kesenangan, tapi waktu yang relatif berdekatan serta dialami oleh dua orang berbeda dalam sebuah turnamen catur termasuk kejadian cukup langka.

Di babak pertama, pecatur Amerika Serikat yang sedang berulang tahun, yaitu Hikaru Nakamura harus menelan pil pahit yang diberikan oleh Wesley So. Hadiah ulang tahun berupa kekalahan tadi cukup menyesakkan.

Namun lucunya, di babak ketiga giliran Nakamura yang memberikan pil pahit kepada pecatur yang sedang berulang tahun. Mantan juara dunia Viswanathan Anand menyerah kalah di ulang tahunnya, dan mirip dengan Nakamura saat berhadapan dengan Wesley So di babak pertama, Anand pun melakukan langkah blunder.

Anand yang memegang buah catur hitam melakukan blunder pada langkah 26.

Langkah hitam selanjutnya, 26. … Be7xBe4? (menurut analisis komputer seharusnya, 26. Gg4-h5. 27. Qd2xg5+ Qd6-g6 28. Qg5-h5 Gb6-d8 29. Rb1-a1 Be7xBe4, dst).

  • Kc3xBe4 … Md6-g6
  • Ke4-f6!

Setelah hitam Mg6xKf6, dan putih Bf1xMf6, kemudian hitam Rg7xBf6, langkah putih selanjutnya, Md2-c3! Posisi buah catur hitam pun terjepit, dan mantan juara dunia Viswanathan Anand pun menyerah kalah beberapa langkah kemudian.

Pil pahit ditelan oleh Anand saat ia berulang tahun ke 47. Mirip pil pahit yang ditelan oleh Nakamura di babak pertama yang sedang berulangtahun ke 29.

Anand pun merupakan satu-satunya pecatur yang menelan pil pahit, sementara hasil pertandingan di papan lainnya,  yaitu Levon Aronian vs. Wesley So, Fabiano Caruana vs. Vladimir Kramnik, Maxime Vachier Lagrave vs. Vaselin Topalov dan Michael Adams vs. Anish Giri, semuanya berakhir remis.

Untuk menyaksikan jalannya seluruh pertandingan di babak ketiga London Chess Classic tadi bisa dilihat di sini, sedangkan klasemen sementara setelah menyelesaikan 3 babak dari 9 babak yang direncanakan adalah sebagai berikut:

Masih tersisa 6 babak lagi, dan segala kemungkinan masih bisa terjadi. Entah siapa lagi yang akan menelan pil pahit nantinya.

Gens Una Sumus.

Sumber berita dan gambar: chess24.com dan flickr.com

Related Posts