Mantan Juara Dunia Taklukan Veselin Topalov

 Catur

adahati.com – Mantan juara dunia, Viswanathan Anand (India) mengalahkan pecatur Bulgaria, Veselin Topalov di babak 8 turnamen catur elit London Chess Classic 2016.

Menyedihkan sekali prestasi Topalov di turnamen ini. Setelah dihajar oleh mantan juara dunia tadi, poin yang berhasil dikumpulkannya hingga babak 8 baru satu poin saja. Di babak pertama dan kedua, Topalov dihajar oleh Vladimir Kramnik dan Fabiano Caruana. Bermain remis dengan Maxime Vachier Lagrave di babak ketiga.

Namun di babak empat, lima dan enam kembali ia dihajar oleh Hikaru Nakamura, Michael Adams dan Wesley So. Di babak 7 sedikit bernafas, remis melawan Anish Giri, tapi di babak 8 dihajar lagi oleh mantan juara dunia, Viswanathan Anand.

Sudah sewajarnya Veselin Topalov menangis guling-guling di ubin, karena ia sudah kehilangan 27 poin hingga babak 8 turnamen catur elit London Chess Classic 2016.

Meski memegang buah catur putih di babak 8 melawan mantan juara dunia Viswanathan Anand, tetap saja Topalov nyungsep atau tidak mampu menghasilkan setengah poin pun. Kasihan Topalov yang sudah beranjak tua ini.

Pada langkah 36, Topalov menjalankan Mc3-c6. Maksudnya ingin menangkis ancaman mat hitam Mb5-a6+. Namun Anand langsung menghajarnya lewat langkah yang sederhana, mudah saja, tidak sulit dan rumit…Bf2xGf3+!

Jika putih g2xBf3, Menteri putih melayang, sedangkan jika putih Mc6xBf3, mat di petak a6. Topalov pun nyungsep, dan menelan kekalahannya yang ke 6.

Kemenangan mantan juara dunia Viswanathan Anand atas Veselin Topalov ini merupakan satu-satunya partai yang tidak berakhir remis. Partai lainnya, Fabiano Caruana vs. Wesley So, Vladimir Kramnik vs. Anish Giri, Maxime Vachier Lagrave vs. Michael Adams dan Hikaru Nakamura vs. Levon Aronian berbagi setengah poin.

Wesley So sudah dipastikan juara Grand Chess Tour dengan 5,5 poin yang dikumpulkannya hingga saat ini atau satu poin di atas Hikaru Nakamura.

Sebelumnya pada tulisan di sini – London Chess Classic 2017: Nakamura Blunder – dijelaskan bahwa London Chess Classic adalah seri terakhir dari rangkaian turnamen Grand Chess Tour setelah Paris Grand Chess Tour (pemenangnya Hikaru Nakamura) , Leuven Your Next Move (Magnus Carlsen) dan Sinquefield Cup (Wesley So).

Karena Magnus Carlsen tidak ikut turnamen London Chess Classic setelah memenangkan World Chess Championship 2016 di New York dengan mengalahkan Sergey Karjakin, maka hanya Wesley So dan Hikaru Nakamura yang berpeluang meraih posisi pertama Grand Chess Tour 2016.

Berikut ini klasemen sementara London Chess Classic 2016 setelah menyelesaikan 8 babak dari 9 babak yang direncanakan.

Selengkapnya partai-partai yang dipertandingkan di babak 8 turnamen catur elit London Chess Classic 2016 bisa dilihat di sini.

Gens Una Sumus.

Sumber berita dan gambar: chess.com, chess24.com, flickr.com.

Related Posts