Kasparov Sudah Menjadi Bagian dari “Kaum Lemah”

 Catur

Adahati.com –  Mantan juara dunia Grandmaster Garry Kasparov terpuruk di turnamen Saint Louis Rapid & Blitz yang merupakan seri keempat dari rencana lima seri Grand Chess Tour 2017. Sebelumnya telah berlangsung seri pertama (Paris Grand Chess Tour 21-25 Juni 2017), seri kedua (Your Next Move 28 Juni-2 Juli 2017) dan seri ketiga (Singuefield Cup 2-12 Agustus 2017).

Selain Kasparov, turnamen catur Saint Louis Rapid & Blitz 2017 (14-19 Agustus 2017) diikuti oleh pecatur-pecatur top dunia lainnya, yaitu Levon Aronian, Fabiano Caruana, Hikaru Nakamura, Ian Nepomniachtchi, Leinier Dominguez, Le Quang Liem, Sergey Karjakin, Viswanathan Anand dan David Navara.

Kasparov (54) yang sudah menyatakan pensiun dan sempat merajai dunia catur era 80-90 an dengan permainannya yang agresif dan tajam ini tidak menunjukkan prestasi yang gemillang pada turnamen Saint Louis Rapid & Blitz 2017. Ia banyak melakukan blunder dan membuang kesempatan menang yang ada. Faktor usia memang tidak bisa dibohongi dan Kasparov sudah menjadi bagian dari “kaum lemah”.

Pada catur cepat (rapid game) menghadapi 9 pecatur lainnya, Kasparov hanya mengumpulkan 7 poin dari hasil 1x menang, 5x remis dan 3x kalah. Berbeda dengan catur standar dan catur kilat (blitz game), perhitungan poin pada catur cepat (rapid game) kemenangan dihargai 2 poin, remis 1 poin dan kalah 0 poin.

Ia hanya menang melawan pecatur Vietnam Le Quang Liem dan kalah saat menghadapi Ian Nepomniachtchi, David Navara dan Fabiano Caruana. Seharusnya ia menang melawan David Navara, tapi karena sudah menjadi bagian dari “kaum lemah”, maka kemenangan itu pun justru berujung dengan kekalahan.

Berikut ini hasil pertandingan catur cepat (rapid game) yang berlangsung 9 babak tadi.

Setelah catur cepat berakhir, dilanjutkan dengan catur kilat (blitz game). Di sini Kasparov memperoleh hasil yang lebih baik. Hal ini disebabkan antara lain waktu pertandingan catur cepat (25 minutes, with a 10-second delay from move 1) lebih lama dibanding catur kilat (5 minutes, with a 3-second delay from move 1).

Jika pada catur cepat setiap pemain bertemu satu kali saja, maka pada permainan catur kilat masing-masing pemain bertanding sebanyak dua kali dan bergantian memainkan buah catur hitam dan putih. Dari 18 pertandingan yang ada, Kasparov memperoleh 9 poin (4x menang, 10x remis dan 4 kali kalah).

Total poin yang diperolehnya pada Saint Louis Rapid & Blitz 2017 hanya 16 poin dan menempati urutan ke 8 dari 10 peserta yang mengikuti turnamen ini.

Jika Kasparov sudah menjadi bagian dari “kaum lemah” atau kekuatannya sebagai pecatur top dunia hanya tinggal kenangan, maka Levon Aronian sebaliknya. Ia bermain konsisten, baik pada catur cepaat maupun catur kilat dan tampil sebagai juara serta rekening tabungannya bertambah sebanyak $ US 37.500.

Setelah 4 seri berlangsung dari rencana 5 seri turnamen catur elit Grand Chess Tour 2017 klasemen sementara sebagai berikut:

Tinggal satu seri lagi yang tersisa, yaitu London Chess Classic yang akan diselenggarakan pada 30 November-11 Desember 2017 nanti.

Apakah mantan juara dunia Garry Kasparov kembali bermain dan mendapat wild card seperti pada Saint Louis Rapid & Blitz 2017? Kasparov tidak memberikan jawaban yang jelas, tapi lewat akun twitternya menyatakan kembali pensiun dari dunia catur.

Ia pun mengatakan keikutsertaannya pada Saint Louis Rapid & Blitz 2017 sekadar meramaikan suasana saja, sekaligus mempopulerkan Grand Chess Tour 2017. Sejak diberitakan “Kasparov is Back!” yang menyaksikan pertandingan catur secara online pada Saint Louis Rapid & Blitz 2017 sebanyak satu juta orang!

Luar biasa memang daya tarik seorang Kasparov, tapi apa hendak di kata, faktor umur tidak bisa dibohongi, dan ia pun tidak menuai prestasi yang gemilang seperti dulu. Kasparov yang agresif, kuat dan tajam memang hanya tinggal kenangan, tapi dunia catur patut berterimakasih atas kehadirannya yang kembali mempopulerkan olahraga catur.

Спасибо, каспаров!

Sumber gambar.