Juara Dunia Magnus Carlsen Dikalahkan Sergey Karjakin

 Catur

adahati.com – Juara dunia Magnus Carlsen dikalahkan Sergey Karjakin dan gagal meraih medali emas FIDE World Chess Blitz Championship 2016 di Doha, Qatar.

Selain Blitz games, diadakan juga turnamen Rapid games di kota Doha, Qatar ini. Maka dari itu, turnamen catur elit yang berlangsung pada 26-30 Desember 2016 ini disebutnya FIDE World Chess Rapid & Blitz Championships DOHA 2016.

Perbedaan antara Rapid dan Blitz games terletak pada waktu tanding yang dimainkan. Rapid games menggunakan kontrol waktu (time control) 15 menit dengan penambahan waktu 10 detik untuk setiap langkahnya, sedangkan Blitz games hanya 3 menit dan penambahan waktunya pun 2 detik saja untuk setiap langkah.

Jadwal pertandingannya pun berbeda. Rapid games berlangsung selama 3 hari (26-28 Desember 2016) dengan memainkan pertandingan sebanyak 15 babak, sedangkan Blitz games hanya dua hari saja (29-30 Desember 2016), namun memainkan jumlah babak pertandingan lebih banyak, yaitu 21 babak.

Pecatur top dunia yang mengikuti FIDE World Chess Rapid & Blitz Championships DOHA 2016 ini antara lain juara dunia Magnus Carlsen, Hikaru Nakamura, Levon Aronian, Maxime Vachier Lagrave, Alexander Grischuk, Viswanathan Anand, Sergey Karjakin, Ian Nepomniachtchi, Vassily Ivanchuk, dll.

Setelah pertandingan berlangsung 15 babak, juara dunia Magnus Carlsen hanya menempati posisi 3 pada FIDE World Chess Rapid Champhionship, sedangkan posisi 2 ditempati oleh Alexander Grischuk. Peraih medali emas atau juara Rapid games ini justru pecatur gaek dari Ukraina, Vassily Ivanchuk (47).

Daftar selengkapnya berikut poin yang berhasil dikumpulkan oleh para peserta FIDE World Chess Rapid Champhionship bisa dilihat di sini.

Kemudian dilanjutkan dengan Blitz games selama 2 hari. Juara dunia Magnus Carlsen kembali gagal meraih medali emas. Setelah 21 babak dipertandingkan poin yang dikumpulkannya sama dengan Sergey Karjakin, dan dilakukan tie-break. Sergey Karjakin berhasil menundukkan juara dunia Magnus Carlsen di sini dan berhak atas medali emas FIDE World Chess Blitz Champhionship 2016.

Daftar selengkapnya berikut poin yang berhasil dikumpulkan oleh para peserta FIDE World Chess Blitz Champhionship bisa dilihat di sini.

Pada turnamen FIDE World Chess Rapid & Blitz Championships DOHA 2016 pun diadakan untuk kelompok perempuan, dan pecatur Anna Muzychuk (26), juga berasal dari Ukraina meraih medali emas untuk kedua kategori pertandingan, baik Rapid games (12 babak) maupun Blitz games (17 babak).

Daftar peringkat selengkapnya FIDE World Chess Rapid & Blitz Champhionships untuk kelompok perempuan bisa dilihat di sini dan di sini.

Gelar ganda (double winner) yang diraih oleh pecatur Ukraina Anna Muzychuk ini menambah pundi-pundi rekeningnya sebanyak $ 20.000.

Juara dunia Magnus Carlsen gagal meraih satupun medali emas, tapi hadiah yang berhasil ia kumpulkan sebesar $ 58.000.

Demikianlah sekilas info catur terkini.

Gens Una Sumus.

Ilustrasi dan sumber berita: fide.com, qatarchess2016.com.

Related Posts